PENGARUH INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA (IPM), PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO (PDRB), DAN JUMLAH ANGKATAN KERJA TERHADAP KEMISKINAN DI PROVINSI SUMATERA UTARA

Selvia Margaretta Manalu (2024), PENGARUH INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA (IPM), PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO (PDRB), DAN JUMLAH ANGKATAN KERJA TERHADAP KEMISKINAN DI PROVINSI SUMATERA UTARA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh indeks pembangunan manusia (IPM), produk domestik regional bruto (PDRB), dan jumlah angkatan kerja terhadap kemiskinan di Provinsi Sumatera Utara baik secara simultan maupun parsial di tahun 2010-2023. Penelitian ini menggunakan data runtun waktu (time series) dengan metode analisis regresi liniar berganda dengan menggunakan aplikasi E-Views versi 10. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa secara parsial, variabel indeks pembangunan manusia (IPM) memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap kemiskinan di Provinsi Sumatera Utara, variabel produk domestik regional bruto (PDRB) memiliki pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kemiskinan di Provinsi Sumatera Utara, variabel jumlah angkatan kerja memiliki pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kemiskinan di Provinsi Sumatera Utara. Sedangkan secara simultan, variabel indeks pembangunan manusia (IPM), produk domestik regional bruto (PDRB) dan jumlah angkatan kerja secara simultan berpengaruh secara signifikan terhadap kemiskinan di Provinsi Sumatera Utara.

Kata kunci : IPM, PDRB, Angkatan Kerja, Kemiskinan

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Selvia Margaretta Manalu
Fakultas : Fakultas Ekonomi
Program.Studi : Ekonomi Pembangunan (2024)
Tanggal disimpan : 13-03-2024 12:12
Terakhir diubah : 18-03-2024 13:40
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2024
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5532
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!