PERBEDAAN LATIHAN SHOOTING MENGGUNAKAN PENGHALANG DAN TANPA PENGHALANG PADA JARAK 7 METER TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN SHOOTING GAME ATLET PETANQUE UNIVERSITAS SAMUDRA

Irsan Djohan (2024), PERBEDAAN LATIHAN SHOOTING MENGGUNAKAN PENGHALANG DAN TANPA PENGHALANG PADA JARAK 7 METER TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN SHOOTING GAME ATLET PETANQUE UNIVERSITAS SAMUDRA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Latar belakang masalah dari penelitian ini adalah ditemukannya beberapa kesalahan – kesalahan pada shooter atlet petanque saat melakukan shooting. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara latihan shooting menggunakan penghalang dan latihan shooting tanpa penghalang terhadap kemampuan shooting game atlet petanque pemula universitas samudra Langsa tahun 2023. Mengetahui metode latihan latihan manakah yang lebih baik antara latihan menggunakan penghalang dengan latihan tanpa penghalang terhadap kemampun shooting game atlet pemula. Metode penelitian ini menggunakan eksperimen dengan rancangan penelitian yaitu pre-test dan post-test design. Sampel pada penelitian ini adalah atlet/mahasiswa pemula petanque tahun 2023 yang berjumlah 20 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah total sampling. Pembagian kelompok pada penelitian ini menggunakan ordinal pairing. Analisis data digunakan uji-t antar kelompok (independent t-test), yang terlebih dahulu data diuji normalitas dan homgenitasnya. Hail penelitian ini menghasilkan kesimpulan: Ada perbedaan pengaruh antara latihan shooting menggunakan penghalang dan tanpa penghalang terhadap peningkatan kemampuan shooting game atlet pemula. Latihan menggunakan penghalang lebih baik pengaruhnya terhadap kemampuan shooting game pada pemain. Saran yang dapat peneliti berikan yaitu : Untuk meningkatkan kemampuan shooting carreau olahraga petanque harus diterapkan metode latihan yang tepat, sehingga akan diperoleh hasil latihan yang optimal. Untuk meningkatkan kemampuan shooting carreau seorang pelatih dapat menerapkan latihan menggunakan penghalang dan tanpa penghalang.

Kata kunci : penghalang, tanpa penghalang, shooting game

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Irsan Djohan
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Jasmani (2024)
Tanggal disimpan : 13-03-2024 10:33
Terakhir diubah : 18-03-2024 14:17
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2024
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5525
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!