PENGARUH BAHAN ASAL SETEK DAN JENIS PUPUK KANDANG TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT NILAM VARIETAS ACEH (POGOSTEMON CABLIN BENTH)

Novyanda Fauzi (2024), PENGARUH BAHAN ASAL SETEK DAN JENIS PUPUK KANDANG TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT NILAM VARIETAS ACEH (POGOSTEMON CABLIN BENTH) . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bahan asal setek dan jenis pupuk kandang terhadap pertumbuhan bibit nilam varietas Aceh serta interaksi antara keduanya. Penelitian ini dilaksanakan di lahan percobaan Fakultas Pertanian Universitas Samudra, Kota Langsa Provinsi Aceh yang dilakukan selama 2 bulan dari Februari 2023 sampai April 2023. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) faktorial yang terdiri dari 2 faktor. Faktor pertama bahan asal setek yang terdiri dari 3 taraf : B1 (bagian atas), B2 (bagian tengah) dan B3 (bagian bawah), dan faktor kedua jenis pupuk kandang, terdiri atas 3 taraf, yaitu : K1 (pupuk kandang ayam), K2 (pupuk kandang kambing) dan K3 (pupuk kandang sapi). Parameter yang diamati antara lain : tinggi tunas, jumlah tunas, jumlah daun dan luas daun pada umur 28, 42, dan 56 HST, persentase tumbuh, dan hari muncul tunas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan asal batang setek berpengaruh sangat nyata terhadap tinggi tunas umur 28 dan 42 HST, jumlah tunas dan jumlah daun umur 28 HST. Berpengaruh nyata terhadap tinggi tunas umur 56 HST, dan jumlah tunas umur 42 HST. Hasil terbaik diperoleh pada perlakuan B2 (batang tengah). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan pupuk kandang berpengaruh sangat nyata terhadap jumlah daun pada umur 56 HST. Berpengaruh nyata terhadap tinggi tunas, jumlah tunas dan luas daun pada umur 56 HST. Hasil terbaik diperoleh pada perlakuan K2 (pupuk kandang kambing). Berdasarkan hasil penelitian ini belum memperlihatkan adanya interaksi antar perlakuan, sehingga perlu di lakukan penelitian lanjutan menggunakan kombinasi setek bagian tengah dan dosis pupuk kandang kambing yang bervariasi

Kata kunci : Setek, pupuk kandang, Nilam Varietas Aceh (Pogostemon cablin benth)

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Novyanda Fauzi
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Agroteknologi (2024)
Tanggal disimpan : 06-03-2024 15:34
Terakhir diubah : 14-03-2024 12:39
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2024
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5514
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!