PENGARUH TRANSPARANSI PENGELOLAAN KEUANGAN DAN TEMUAN INSPEKTORAT TERHADAP KINERJA PEMERINTAH DESA DENGAN SISTEM KEUANGAN DESA SEBAGAI VARIABEL MODERASI (STUDI KASUS PADA KECAMATAN LANGSA TIMUR)

SYAWALUDDIN (2023), PENGARUH TRANSPARANSI PENGELOLAAN KEUANGAN DAN TEMUAN INSPEKTORAT TERHADAP KINERJA PEMERINTAH DESA DENGAN SISTEM KEUANGAN DESA SEBAGAI VARIABEL MODERASI (STUDI KASUS PADA KECAMATAN LANGSA TIMUR) . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Masalah yang melatarbelakangi penelitian ini adalah pelaksanaan pengelolaan aset Desa di Gampong Sungai Lueng Kota Langsa tidak membuat papan informasi atau pengumuman di Kantor Desa untuk menunjukkan informasi mengenai pemasukan dan pengeluaran dana Desa. Masih terdapat beberapa penyimpangan yang dilakukan oleh pihak-pihak yang merupakan oknum dari pemerintah desa dan pengelolaan aset desa di Kecamatan Langsa Timur belum berjalan sebagaimana yang diharapkan, karena belum adanya pedoman pengelolaan yang memadai. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah pakah transparansi pengelolaan keuangan, temuan inspektorat dan sistem keuangan desa berpengaruh terhadap kinerja pemerintah desa di Kecamatan Langsa Timur Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh perangkat desa yang ada disetiap desa di Kecamatan Langsa Timur yang berjumlah 80 responden. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa trasparansi pengelolaan keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemerintah desa di Kecamatan Langsa Timur. Temuan inspektorat berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja pemerintah Desa di Kecamatan Langsa Timur. Sistem keuangan desa berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja pemerintahan Desa di Kecamatan Langsa Timur. Transparansi pengelolaan keuangan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja pemerintah desa dengan sistem keuangan desa sebagai variabel moderasi di kecamatan Langsa Timur. Temuan inspektorat berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemerintah desa dengan sistem keuangan desa sebagai variabel moderasi di kecamatan Langsa Timur. Transparansi pengelolaan keuangan, temuan inspektorat dan sistem keuangan berpengaruh secara simultan terhadap kinerja pemerintah desa di Kecamatan Langsa Timur. Saran pada penelitian ini adalah bagi akademisi atau mahasiswa, penelitian ini disarankan dapat digunakan sebagai bahan referensi perpustakaan untuk referensi perbandingan objek penelitian yang sama dan bagi pemerintah desa kedepannya, penelitian ini disarankan dapat memberikan masukan untuk lebih meningkatkan kinerja pemerintahan desa.


 

Kata kunci : Transparansi Pengelolaan Keuangan, Temuan Inspektorat, Kinerja Pemerintah Desa dan Sistem Keuangan Desa

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : SYAWALUDDIN
Fakultas : Fakultas Ekonomi
Program.Studi : Akuntansi (2023)
Tanggal disimpan : 06-03-2024 10:16
Terakhir diubah : 08-03-2024 11:45
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5511
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!