Pencarian
PERAN GURU PENDIDIKAN JASMANI TERHADAP KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI SMA NEGERI KOTA LANGSA
Muhammad muliadi (2024),
PERAN GURU PENDIDIKAN JASMANI TERHADAP KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI SMA NEGERI
KOTA LANGSA . Skripsi, Universitas Samudra.
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui untuk mengetahui peran guru pendidikan jasmani di SMA Negeri Kota Langsa terhadap kegiatan ekstrakurikuler pramuka dan seberapa besar peran guru pendidikan jasmani di SMA Negeri Kota Langsa terhadap kegiatan ekstrakurikuler pramuka dan masalah pada penelitian ini yaitu tidak semua guru pendidikan jasmani yang ada di sekolah SMA Negeri Kota Langsa dapat berperan di dalam ekstrakurikuler pramuka, melainkan hanya beberapa guru pendidikan jasmani saja yang ikut berpartisipasi di dalam kegiatan ekstrakurikuler pramuka yang ada di SMA Negeri Kota Langsa. Metode yang digunakan adalah metode survei dengan menggunakan instrumen angket. Penelitian ini tidak dimaksudkan untuk menguji hipotesis tertentu tetapi hanya menggambarkan apa adanya tentang suatu variabel, gejala atau keadaan. Dengan demikian, penelitian ini untuk menggambarkan apa adanya tentang bagaimana peran guru pendidikan jasmani di SMA Negeri Kota Langsa pada kegiatan ekstrakurikuler pramuka. Hasil penelitian Peran guru Pendidikan jasmani terhadap kegiatan ekstrakurikuler pramuka di SMA Negeri Kota Langsa positif hal ini dapat dilihat dari aspek kognitif berkaitan dengan pengetahuan guru tentang Pramuka yang merupakan salah satu faktor yang berpengaruh dalam berjalannya kegiatan ekstrakurikuler Pramuka, aspek afektif bentuk penilaian pada kemampuan guru Pendidikan jasmani dilihat dari sikap dan nilai sosial yang diterapkan dalam kegiatan ekstrakurikuler pramuka dan aspek konatif menunjukkan bagaimana perilaku atau kecenderungan berperilaku yang ada dalam diri guru Pendidikan jasmani berkaitan dengan ekstrakurikuler pramuka teramasuk kategori tinggi. Besar peran guru Pendidikan jasmani terhadap kegiatan ekstrakurikuler pramuka di SMA Negeri Kota Langsa 75,36%. Disarankan komponen sekolah hendaknya membuat sosialisasi terhadap orang tua siswa akan pentingnya pendidikan karakter dalam hal ini dapat dilakukan melalui pemilihan ekstrakurikuler pramuka demi meningkatkan perilaku disiplin siswa.
Kata kunci : Peran, Guru Pendidikan Jasmani, PramukaFile ::(login required)
Tipe Items | : Skripsi |
Penulis/Penyusun | : Muhammad muliadi |
Fakultas | : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan |
Program.Studi | : Pendidikan Jasmani (2024) |
Tanggal disimpan | : 27-02-2024 12:36 |
Terakhir diubah | : 07-03-2024 15:12 |
Penerbit | : Langsa, Universitas Samudra, 2024 |
URI | : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5440 |
Root | : https://www.unsam.ac.id |