FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKSI PADI SAWAH (STUDI KASUS: DI DESA ALUE MERBAU KECAMATAN LANGSA TIMUR KOTA LANGSA)

Muhammad ismi (2024), FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKSI PADI SAWAH (STUDI KASUS: DI DESA ALUE MERBAU KECAMATAN LANGSA TIMUR KOTA LANGSA) . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Tujuan penelitian untuk menganalisis pengaruh luas lahan, tenaga kerja dan jumlah bibit terhadap produksi padi sawah di Kecamatan Langsa Timur. Lokasi penelitian adalah di Desa Alue Merbau Kecamatan Langsa Timur. Lokasi penelitian ditentukan secara sengaja (purposive sampling), dengan pertimbangan bahwa Desa Alue Merbau merupakan desa yang memiliki paling banyak usahatani padi sawah di Kecamatan Langsa Timur Kota Langsa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 38 orang petani sampel yang ditentukan secara proposional untuk masing-masing dusun yang ada di Desa Alue Merbau Kecamatan Langsa Timur menggunakan simple random sampling. Teknik analisis data yang digunakan sebagai alat analisis dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan analisis regresi berganda dengan bantuan software SPPS. Hasil penelitian menunjukkan faktor luas lahan dan jumlah bibit secara terpisah berpengaruh terhadap produksi usahatani padi sawah, sedangkan faktor tenaga kerja secara terpisah tidak berpengaruh terhadap produksi usahatani padi sawah di Desa Alue Merbau.

Kata kunci : padi sawah, luas lahan, tenaga kerja, jumlah bibit, produksi

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Muhammad ismi
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Agribisnis (2024)
Tanggal disimpan : 27-02-2024 08:42
Terakhir diubah : 01-03-2024 09:33
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2024
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5437
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!