EFEKTIVITAS PENGGUNAAN BERBAGAI JENIS PUPUK KOMPOS TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN TERUNG (SOLANUM MELONGENA, L.)

Yeni Kartika (2024), EFEKTIVITAS PENGGUNAAN BERBAGAI JENIS PUPUK KOMPOS TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN TERUNG (SOLANUM MELONGENA, L.) . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui efektivitas berbagai pupuk kompos terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman terung. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Sidorejo, Kecamatan Langsa Lama, Kota Langsa dengan ketinggian tempat ± 10 m dpl. Waktu penelitian dilaksanakan selama 3 bulan yaitu mulai dari bulan Juli sampai dengan September 2023. Penelitian ini disusun dengan menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) Non Faktorial. Faktor yang diamati adalah berbagai pupuk kompos yaitu terdiri dari 11 kompos dengan 1 varietas terung Mustang F1 yang diulang sebanyak 3 kali. Parameter yang diamati antara lain tinggi tanaman, diameter batang, bobot buah rata-rata, bobot buah pertanaman, jumlah buah pertanaman, ukuran buah rata- rata dan produksi per hektar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan berbagai jenis pupuk kompos berpengaruh nyata terhadap parameter tinggi tanaman 15 HST dan diameter batang 45 HST. Namun berpengaruh tidak nyata terhadap parameter bobot buah rata-rata, bobot buah pertanaman, jumlah buah pertanaman, ukuran buah rata-rata dan produksi per hektar pada saat panen. Hasil terbaik diperoleh K8 (kompos daun gamal), namun sama baiknya dengan K7 ( kompos daun petai). Pemberian pupuk kompos efektif terhadap semua parameter tanaman terung, kecuali perlakuan K5 (kompos ampas tebu) karena rata-rata nilainya dibawah 100%, pupuk kompos paling efektif diperoleh pada perlakuan K8 (kompos daun gamal), namun sama baiknya dengan K4 (kompos jerami) dan K7 (kompos daun petai). Untuk membudidayakan tanaman terung disarankan menggunakan pupuk kompos daun gamal, kompos jerami, kompos daun petai.

Kata kunci : Pupuk Kompos, Pertumbuhan dan Produksi, Terung (Solanum melongena, L.)

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Yeni Kartika
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Agroteknologi (2024)
Tanggal disimpan : 26-02-2024 16:00
Terakhir diubah : 01-03-2024 16:45
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2024
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5434
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!