PENGARUH EFISIENSI OPERASIONAL, LIKUIDITAS DAN KECUKUPAN MODAL TERHADAP LABA BERSIH PADA PT BANK MUAMALAT INDONESIA, TBK

Nindi Atika Pratiwi (2024), PENGARUH EFISIENSI OPERASIONAL, LIKUIDITAS DAN KECUKUPAN MODAL TERHADAP LABA BERSIH PADA PT BANK MUAMALAT INDONESIA, TBK . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh dari efisiensi operasional, likuiditas dan kecukupan modal terhadap laba bersih. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Polulasi dan sampel penelitian yaitu laporan keuangan tahunan PT Bank Muamalat Tbk tahun 2012-2021. Efisiensi operasional di proksi dengan beban operasional dan pendapatan operasional (BOPO), likuiditas diproksi dengan Financing to Deposit Ratio (FDR), kecukupan modal di proksi dengan Capital Adequacy Ratio (CAR) dan laba bersih diproksi dengan Net Profit Margin (NPM). Metode analisis data yang digunakan yaitu uji asumsi klasik dan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS sebagai alat analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial efisiensi operasional tidak berpengaruh terhadap laba bersih, sedangkan likuiditas dan kecukupan modal berpengaruh signifikan terhadap laba bersih. Secara simultan semua variabel independen yaitu efisiensi operasional, likuiditas dan kecukupan modal bersama-sama memiliki pengaruh positif signifikan terhadap laba bersih.

Kata kunci : Efisiensi Operasional, Likuiditas, Kecukupan Modal dan laba Bersih

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Nindi Atika Pratiwi
Fakultas : Fakultas Ekonomi
Program.Studi : Akuntansi (2024)
Tanggal disimpan : 26-02-2024 12:43
Terakhir diubah : 29-02-2024 15:20
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2024
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5419
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!