ANALISIS KEBUTUHAN WATER TANK DENGAN MEMANFAATKAN LIMPASAN AIR HUJAN UNTUK PENYEDIAAN AIR BERSIH DI FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SAMUDRA

Excel Muhadzdzib Kelana (2023), ANALISIS KEBUTUHAN WATER TANK DENGAN MEMANFAATKAN LIMPASAN AIR HUJAN UNTUK PENYEDIAAN AIR BERSIH DI FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SAMUDRA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Studi ini bertujuan untuk membahas penyediaan air bersih di Fakultas Teknik Universitas Samudra. Kebutuhan air bersih di Fakultas Teknik dalam sehari mencapai 15.100 liter/hari sedangkan ketersediaan air bersih yang ada sekarang ini tidak dapat memenuhi kebutuhan air bagi semua penghuni kampus. Keadaan ini menyebabkan perlunya alternatif sumber air untuk menambah ketersediaan air bersih. jumlah air yang tersedia Di sisi lain intensitas hujan yang tinggi pada bulan-bulan tertentu di Kota Langsa menyebabkan melimpahnya air hujan bahkan tidak jarang banjir. Suplus air hujan ini seharusnya dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari dan disimpan untuk mengantisipasi kebutuhan air baku pada musin kemarau. Oleh karena itu masalah ketersediaan air ini akan menggunakan alternatif dengan teknik pemanenan air hujan. Dan akan di bahas dengan menganalisis variabel ketersediaan air; kebutuhan air; proyeksi pertumbuhan penduduk; pemanenan air hujan; serta faktor-faktor yang diduga dapat menjadi alternatif yang di butuhkan. Hasil studi menunjukkan bahwa potensi permanen air hujan di gedung Fakultas Teknik Universitas Samudra tidak mampu memenuhi kebutuhan air bersih pada gedung Fakultas Teknik secara keseluruhan, melainkan air bersih hasil pemanenan air hujan hanya bisa dijadikan sebagai sumber air tambahan. Jumlah air yang dapat di tadah di Fakultas teknik mencapai 5.130.400 liter/tahun atau 14.056 liter/hari. Beberapa faktor yang dapat membantu menyediakan alternatif untuk ketersediaan air bersih di gedung Fakultas Teknik Universitas Samudra ialah Data Curah Hujan, Water Tank, Data pemakai air dikampus. Hasil dari analisis dan penelitian ini Water Tank yang di rencanakan berkapasitas 7.000 liter.

Kata kunci : ketersediaan air, kebutuhan air, pemanenan air hujan

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Excel Muhadzdzib Kelana
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : Teknik Sipil (2023)
Tanggal disimpan : 22-02-2024 19:51
Terakhir diubah : 02-07-2024 10:08
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5405
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!