EKSTERNALITAS OBJEK TAMAN WISATA IMAN (TWI) TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT LOKAL DI DESA SITINJO, KECAMATAN SITINJO, KABUPATEN DAIRI

Rosmeini Banurea (2024), EKSTERNALITAS OBJEK TAMAN WISATA IMAN (TWI) TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT LOKAL DI DESA SITINJO, KECAMATAN SITINJO, KABUPATEN DAIRI . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui eksternalitas objek wisata Taman Wisata Iman terhadap kesejahteraan masyarakat lokal di Desa Sitinjo, serta untuk menganalisis faktor dominan yang menentukan eksternalitas objek Taman Wisata Iman terhadap kesejahteraan masyarakat lokal di Desa Sitinjo, Kecamatan Sitinjo, Kabupaten Dairi. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 83 orang yang merupakan penduduk asli Desa Sitinjo. Berdasarkan hasil penelitian dengan adanya Taman Wisata Iman memberikan dampak positif terhadap kesejahteraan masyarakat lokal Desa Sitinjo, dan yang paling dominan adalah dampak di bidang sosial budaya yaitu terciptanya toleransi beragama. Dan untuk dampak negatif yang paling dominan adalah dampak di bidang sosial ekonomi yaitu adanya ketergantungan terhadap industri pariwisata. Sedangkan dampak yang paling rendah dari adanya Taman Wisata Iman adalah munculnya biaya eksternalitas lain.

Kata kunci : Desa Sitinjo, Eksternalitas, Objek Wisata, Taman Wisata Iman, Wisata Religi

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Rosmeini Banurea
Fakultas : Fakultas Ekonomi
Program.Studi : Ekonomi Pembangunan (2024)
Tanggal disimpan : 21-02-2024 15:34
Terakhir diubah : 26-02-2024 16:09
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2024
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5398
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!