USULAN REDESAIN KURSI PENGEMUDI ARMADA TRANSPORTASI HIACE DENGAN PENDEKATAN ANTROPOMETRI GUNA MEMINIMALKAN MUSCULOSKELETAL DISORDERS (MSDS) (STUDI KASUS: TERMINAL TIPE A KOTA LANGSA)

NANDA SALEYSIA AZIZA (2023), USULAN REDESAIN KURSI PENGEMUDI ARMADA TRANSPORTASI HIACE DENGAN PENDEKATAN ANTROPOMETRI GUNA MEMINIMALKAN MUSCULOSKELETAL DISORDERS (MSDS) (STUDI KASUS: TERMINAL TIPE A KOTA LANGSA) . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Polsisi duduk yang ergonomis sangat pelnting untuk selolrang pelngelmudi karelna dapat melminimalisir nyelri, melngurangi kellellahan oltolt, dan melcelgah kelcellakaan lalu lintas. Permasalahan kursi yang tidak sesuai dengan postur kerja pengemudi, sehingga menyebabkan keluhan MSDs yang dapat mengurangi tingkat fokus pengemudi dan kenyamanan yang akan menyebabkan risiko terbesar yaitu kecelakaan lalu lintas. Tujuan penelitian ini adalah menentukan dimensi tubuh pengemudi dan menentukan ukuran kursi pengemudi yang ergonomis. Metode yang digunakan yaitu antropometri, persentil, uji statistik dan software catia. Hasil dan pembahasan dalam penelitian ini, menggunakan beberapa tahap yaitu menganalisa keluhan MSDs, mengukur dimensi tubuh pengemudi, menguji data dengan uji statistik pada penentuan uji keseragaman, kecukupan dan kenormalan untuk persentil 95 dan 50 semua data dinyatakan seragam, cukup dan normal. Dimensi tubuh yang digunakan yaitu dimensi Tinggi Duduk Tegak (TDT), Dagu Kepuncak Kepala (DPK), Lebar Bahu (LB), Pantat popliteal (PPO), Tinggi Popliteal (TPO) dan Lebar Pinggul (LP). Kesimpulan, usulan kursi pengemudi yang ergonomis yaitu Tinggi kursi duduk dengan ukuran 92,63 cm. Tinggi sandaran kepala pada saat mengemudi yaitu dengan ukuran 21,7 cm. Lebar kursi pengemudi dengan ukuran 62 cm. Panjang dudukan pengemudi dengan ukuran 46,90 cm. Tinggi kursi pengemudi dari lantai dengan ukuran 44,00. Lebar dudukan kursi pengemudi dengan ukuran 38,33 cm.

Kata kunci : Antropometri, Ergonomi, Kecelakaan Lalu Lintas, Pengemudi,Persentil

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : NANDA SALEYSIA AZIZA
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : Teknik Industri (2023)
Tanggal disimpan : 05-02-2024 08:58
Terakhir diubah : 13-02-2024 08:54
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5336
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!