PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN PINTAR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PKN KELAS II SDN 1 KEBUN LAMA

Putri Faradilla (2024), PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN PINTAR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PKN KELAS II SDN 1 KEBUN LAMA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini menggunakan Reseacrh and Development (R&D) dengan model pengembangan Borg and Gall pada level 1. Adapun rincian dari penelitian dan pengembangan pada level 1 yaitu Potensi dan Masalah, Pengumpulan Informasi, Desain Produk, Validasi Desain, dan Desain Teruji. Produk akhir dari pengembangan adalah media papan pintar dengan teknik pengumpulan data yang berupa observasi. Pengembangan media papan pintar ini di validasi oleh 2 validator yaitu validasi ahli media dan validasi ahli materi. Hasil validasi dari aspek validasi media memperoleh nilai 94,64% dengan kriteria sangat valid dan aspek validasi materi memperoleh nilai 100% dengan kriteria sangat valid. Hasil penelitian membuktikan bahwa tingkat validitas media papan pintar menujukkan rata-rata presentase sebesar 97,32% yang artinya media papan pintar dikategorikan sangat valid dan layak digunakan. Hal ini menunjukkan bahwa media papan pintar dapat menarik aktivitas belajar PKN. Berdasarkan kategori tersebut, maka pembelajaran menggunakan media papan pintar dalam mengembangkan aktivitas belajar PKN terlaksana dengan sangat jelas.

Kata kunci : Pengembangan, Media Papan Pintar, Aktivitas Belajar

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Putri Faradilla
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2024)
Tanggal disimpan : 01-02-2024 15:27
Terakhir diubah : 21-02-2024 15:17
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2024
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5318
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!