FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN PETANI PADI SAWAH (ORYZA SATIVA, L) DI DESA ALUE MERBAU KECAMATAN LANGSA TIMUR KOTA LANGSA

Muhammad Maulana (2024), FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN PETANI PADI SAWAH (ORYZA SATIVA, L) DI DESA ALUE MERBAU KECAMATAN LANGSA TIMUR KOTA LANGSA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Tujuan penelitian untuk menghitung pendapatan petani padi sawah dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan petani padi sawah Desa Alue Merbau Kecamatan Langsa timur Kota Langsa. Lokasi penelitian ditentukan secara sengaja (purposive sampling). Dengan pertimbangan bahwa Desa Alue Merbau Kecamatan Langsa Timur merupakan tempat yang terdapat lahan padi sawah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kausal yang bertujuan untuk menguji hipotesis tentang pengaruh satu atau beberapa variabel (variabel indenpenden ) terhadap variabel lainnya (variabel dependen). Jenis data yang digunakan adalah data primer dengan menggunakan instrumen kuisioner yang disebarkan kepada responden. Pada penelitian ini penentuan sampel menggunakan simple random sampling (acak sederhana) untuk memperoleh 40 responden petani padi sawah. Metode analisis data menggunakan analisis pendapatan, analisis uji asumsi klasik dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian diperoleh sebagai berikut; Karakteristik petani sampel; rata-rata umur petani adalah 47,18 tahun, tingkat pendidikan rata-rata petani adalah 8,48 (Sekolah Dasar), pengalaman berusahatani rata-rata petani adalah 17 tahun dan jumlah tanggungan keluarga rata-rata adalah 5 orang. Rata-rata pengunaan biaya produksi usahatani padi sawah yaitu sebesar Rp.3.909.946,88/MT, rata-rata produksi sebesar 2.497,50 Kg/MT atau 5.734,80 Kg/Ha/MT, rata-rata penerimaan usahatani sebesar Rp.11.833.250 /MT dan rata-rata pendapatan bersih usahatani padi sawah di Desa Alue Merbau yaitu sebesar Rp.6.185.800/MT. Hasil uji asumsi klasik data hasil penelitian menyatakan data valid dan tidak terdapat masalah asumsi klasik. Secara serempak (bersama-sama) variabel luas lahan, biaya produksi dan produksi berpengaruh terhadap pendapatan usahatani padi sawah di Desa Alue Merbau. Secara terpisah variabel luas lahan, biaya produksi dan produksi berpengaruh terhadap pendapatan usahatani padi sawah di Desa Alue Merbau.

Kata kunci : Luas lahan, biaya, produksi, pendapatan, padi sawah

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Muhammad Maulana
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Agribisnis (2024)
Tanggal disimpan : 01-02-2024 11:34
Terakhir diubah : 05-02-2024 10:04
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2024
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5311
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!