DESAIN IMPLEMENTASI METODE 6S (SEIRI, SEITON, SEISO, SEIKETSU, SHITSUKE DAN SAFETY) UNTUK MEMINIMALKAN WASTE PADA CV. NBW.ID DI KOTA LANGSA

LIDAYYANA (2023), DESAIN IMPLEMENTASI METODE 6S (SEIRI, SEITON, SEISO, SEIKETSU, SHITSUKE DAN SAFETY) UNTUK MEMINIMALKAN WASTE PADA CV. NBW.ID DI KOTA LANGSA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

CV. NBW.ID merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang pembuatan furniture seperti kitchen set, backdrop, lemari pakaian, interior rumah dan interior perkantoran. Perusahaan ini memiliki strategi perencanaan produksi secara Make to Order (MTO) sehingga pembuatan produk didasarkan pada permintaan konsumen. Namun dalam proses pelaksanaan produksi, kondisi area kerja lantai produksi CV.NBW.ID kerap tidak tertata dengan rapi, kotor, terdapat barang-barang yang rusak dan tidak digunakan lagi sehingga banyak menimbulkan waste pada area kerja lantai produksi CV. NBW.ID. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi metode 6S pada CV. NBW.ID dan merancang area kerja CV. NBW.ID dengan metode 6S. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode 6S. Berdasarkan hasil penelitian, implementasi metode 6S pada CV. NBW.ID menggunakan form audit checklist 6S dengan 40 butir pertanyaan belum cukup baik karena rata-rata hasil audit checklist 6S pada setiap pilarnya belum mencapai minimum acceptable level yaitu 3. Kesimpulannya perlu dilakukan perancangan metode 6S untuk perbaikan area kerja lantai produksi CV. NBW.ID. seperti pemberian label kartu Red-Tag atau Yellow-Tag untuk barang-barang yang rusak atau tidak digunakan lagi, penataan material bahan baku, peralatan kerja, perlengkapan kerja, perabotan/fasilitas kerja pada rak dan tempatnya serta pemberian label pada semua rak, bahan baku, perlatan kerja, perlengkapan kerja dan perabotan/fasilitas kerja, membuat rancangan seiso plan sheet, membuat checklist aktivitas kebersihan, merancang ulang mesin potong, dan merancang rak perlengkapan kebersihan, menerapkan visual control berupa memasang poster, merancang tempat sampah dengan 3 jenis berbeda, mengadakan briefing setiap seminggu sekali sebelum pekerjaan dimulai selama 5 menit mengenai aktivitas 6S, dan penambahan alat pelindung diri.

Kata kunci : 6S, Audit Checklist 6S, Heksadiagram, Waste

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : LIDAYYANA
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : Teknik Industri (2023)
Tanggal disimpan : 31-01-2024 10:31
Terakhir diubah : 13-02-2024 09:52
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5302
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!