STRATEGI PENINGKATAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI PENGELOLAAN DESA WISATA BUR JUMPE DI KECAMATAN DABUN GELANG KABUPATEN GAYO LUES

LISNA WATI (2024), STRATEGI PENINGKATAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI PENGELOLAAN DESA WISATA BUR JUMPE DI KECAMATAN DABUN GELANG KABUPATEN GAYO LUES . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi peningkatan ekonomi masyarakat melalui pengelolaan desa Wisata Bur Jumpe di Kecamatan Dabun Gelang Kabupaten Gayo Lues. Metode penelitian ini menggunakan analisis SWOT yaitu kekuatan (strengtha), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), ancaman (threats), hasil penelitian SWOT menunjukkan bahwa faktor utama yang menjadi kekuatan adalah desa wisata bur jumpe telah banyak diketahui oleh masyarakat yang berada di Kabupaten Gayo Lues dan daya tarik masyarakat untuk berkunjung juga sangat tinggi. Kelemahannya adalah dinas pariwisata kurang memperhatikan objek wisata. Peluang dalam peningkatan ekonomi desa wisata bur jumpe ini adalah adanya dukungan masyarakat secara langsung untuk meningkatakan desa wisata bur jumpe dan mensejahterakan masyarakat dan meningkatakan perekonomian dengan mengelola objek wisata serta dapat meningkatkan pendapat UMKM masyarakat di desa wisata bur jumpe. Dan acamannya adalah rawan terjadinya longsor ketika musim hujan sehingga terganggu akses perjalanan menuju lokasi. Adapun strategi yang dapat dilakukan yaitu: (1) menciptakan lapangan pekerjaan, (2) mempekerjakan pemuda-pemuda setempat guna mengurangi angka pengangguraan, (3) mengelola desa wisata dengan cara memanfaatkan lahan, (4) mengembangakan produk usaha masyarakat, (5) mengembangkan sarana dan, (6) mengelola sektor pemasaran.

Kata kunci : SWOT, Desa Wisata Bur Jumpe

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : LISNA WATI
Fakultas : Fakultas Ekonomi
Program.Studi : Ekonomi Pembangunan (2024)
Tanggal disimpan : 30-01-2024 17:25
Terakhir diubah : 20-02-2024 10:59
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2024
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5300
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!