ANALISIS DAMPAK KEBIJAKAN REFOKUSING DAN REALOKASI ANGGARAN DANA DESA DALAM PENANGANAN PANDEMI COVID-19 DI DESA PAYA BUJOK SEULEUMAK, KECAMATAN LANGSA BARO, KOTA LANGSA

MHD. INDRA HAMDI ACEH (2024), ANALISIS DAMPAK KEBIJAKAN REFOKUSING DAN REALOKASI ANGGARAN DANA DESA DALAM PENANGANAN PANDEMI COVID-19 DI DESA PAYA BUJOK SEULEUMAK, KECAMATAN LANGSA BARO, KOTA LANGSA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan mengetahui Analisis Dampak Kebijakan Refokusing Dan Realokasi Anggaran Dana Desa Dalam Penanganan Pandemi Covid-19 Di Desa Paya Bujok Seuleumak, Kecamatan Langsa Baro, Kota Langsa, untuk melihat kebijakan dari pemerintah desa dalam rangka refokusing dan realoaksi anggaran dana desa yang dikeluarkan oleh kementrian desa dan dikoordinasikan dengan pemerintah Kabupaten/Kota. Teori yang digunakan menurut George C. Edward III yaitu Komunikasi, Sumber Daya, Disposisi, Struktur Birokrasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian Kualitatif. Untuk mendapatkan data yang diperlukan, penulis melakukan kegiatan dengan cara wawancara, observasi dan dokumen. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam kebijakan refokusing dan realoaksi anggaran dana desa di Desa Paya Bujok Seuleumak, Kecamatan Langsa Baro, Kota Langsa berjalan dengan baik dengan adanya hubungan antara pemerintahan desa Paya Bujok Seuleumak dan masyarakat dilihat dari komunikasi yang dibangun dengan melibatkan masyarakat dalam proses perencanaan dan pelaksanaan program dari refokusing anggaran yang telah ditetapkan. Selain itu pandemi covid-19 menghambat proses pembangunan desa, khususnya pembangunan fisik, yang berdampak langsung kepada masyarakat. Proses penerapan kebijakan refokusing dan realokasi anggaran di desa Paya Bujok Seuleumak mencakup tujuan dari kebijakan tersebut atau implikasi dari kebijakan yang diambil, seperti pengalihan anggaran dari dana desa untuk penanganan covid-19 yang bertujuan untuk memperkuat kemampuan dan kebutuhan pokok masyarakat desa, proses ini dilaksanakan oleh bagian kerja birokrasi pemerintah desa yang bertanggung jawab melaksanakan kebijakan tersebut.

Kata kunci : Analisis Kebijakan, Refokusing, Realokasi, Implementasi

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : MHD. INDRA HAMDI ACEH
Fakultas : Fakultas Ekonomi
Program.Studi : Akuntansi (2024)
Tanggal disimpan : 30-01-2024 11:50
Terakhir diubah : 01-02-2024 11:34
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2024
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5296
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!