PEMODELAN PEMETAAN JARINGAN JALAN DAN TINGKAT KERUSAKAN JALAN MENGGUNAKAN PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI)(STUDI KASUS: KECAMATAN BANDAR PUSAKA, KABUPATEN ACEH TAMIANG)

Intan Fadila (2024), PEMODELAN PEMETAAN JARINGAN JALAN DAN TINGKAT KERUSAKAN JALAN MENGGUNAKAN PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI)(STUDI KASUS: KECAMATAN BANDAR PUSAKA, KABUPATEN ACEH TAMIANG) . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Kecamatan Bandar Pusaka merupakan salah satu daerah penghasil kelapa sawit yang cukup tinggi, sehingga banyaknya truk yang melintas di kawasan tersebut sebagai akses menuju pabrik kelapa sawit di Kecamatan Tamiang Hulu. Jalan kolektor di Kecamatan Bandar Pusaka sepanjang ±42 km yang memiliki kerusakan cukup signifikan, baik kerusakan ringan, kerusakan sedang maupun kerusakan berat. Tujuan penelitian ini adalah untuk memodelkan pemetaan jaringan jalan dan kerusakan jalan di Kecamatan Bandar Pusaka dengan Sistem Informasi Geografis (SIG) serta  menilai kondisi perkerasan menggunakan metode Pavement Condition Index (PCI). Metode penelitian ini berupa pemodelan kerusakan jalan menggunakan SIG dan PCI untuk menilai kondisi perkerasan jalan  yang  terbagi dalam beberapa tahap yaitu pengumpulan data, peta pendukung,  serta survey di lapangan. Berdasarkan hasil analisa, jalan yang diteliti adalah jalan kolektor dengan panjang ±42 km  yang terdapat 24 Segmen dengan 6 jenis kerusakan jalan yaitu: 5 Pelepasan Butiran (20,8%), 11 Berlubang (45,8%), 1 Retak Pinggir (4,2%), 1 Amblas (4,2%), 2 Tambalan (8,3%), dan 4 Retak Kulit Buaya (16,7%). Setelah dilakukan analisa perhitungan ,didapat nilai rata-rata PCI pada jalan Kolektor 1 sebesar 56,17 yang tergolong dalam kondisi jalan yang baik (good), sedangkan pada jalan Kolektor 2 sebesar 39,83 yang tergolong dalam kondisi jalan yang buruk (poor). Dengan nilai rata-rata PCI yang didapat, maka penanganan yang diperlukan adalah tambalan dan lapisan tambahan (overlay). Dari hasil pemetaan menggunakan aplikasi ArcGIS 10.8 didapat jenis informasi dalam data titik kordinat x dan y, STA kerusakann dan foto dokumentasi sehingga memudahkan dalam menyajikan informasi kerusakan dalam bentuk peta.

Kata kunci : Kerusakan Jalan, Pavement Condition Index, Pemodelan Pemetaan, Sistem Informasi Geografis

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Intan Fadila
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : Teknik Sipil (2024)
Tanggal disimpan : 29-01-2024 10:37
Terakhir diubah : 07-03-2024 14:43
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2024
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5288
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!