PENGARUH KOMPETENSI AUDITOR, MORALITAS INDIVIDU DAN KEEFEKTIFAN SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL TERHADAP PENCEGAHAN KECURANGAN PADA KANTOR AKUNTAN PUBLIK

INDRI JULIETA BR KETAREN (2023), PENGARUH KOMPETENSI AUDITOR, MORALITAS INDIVIDU DAN KEEFEKTIFAN SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL TERHADAP PENCEGAHAN KECURANGAN PADA KANTOR AKUNTAN PUBLIK . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kompetensi Auditor, Moralitas Individu dan Keefektifan Sistem Pengendalian Internal terhadap Pencegahan Kecurangan (fraud) pada Kantor Akuntan Publik Kota Medan. Pemilihan sampel pada penelitian ini ialah menggunakan model sampel jenuh dengan menggunakan seluruh populasi menjadi sampel. Jumlah populasi yang ada dalam penelitian ini yaitu sebanyak 48 auditor senior dari 22 Kantor Akuntan Publik (KAP) yang berada di Kota Medan. Pengumpulan data dilakukan dengan membagikan kuesioner kepada 48 responden. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan program SPSS (Statistical Product and Service Solutions). Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini ialah uji validitas, uji asumsi klasik dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kompetensi Auditor secara parsial tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap pencegahan kecurangan. (2) Moralitas Individu secara parsial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pencegahan kecurangan. (3) Keefektifan Sistem Pengendalian Internal secara parsial tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pencegahan kecurangan, dan (4) Kompetensi Auditor, Moralitas Individu dan Keefektifan Sistem Pengendalian Internal secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pencegahan kecurangan.

Kata kunci : Kompetensi Auditor, Moralitas Individu, Keefektifan Sistem Pengendalian Internal, Kantor Akuntan Publik, Kota Medan.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : INDRI JULIETA BR KETAREN
Fakultas : Fakultas Ekonomi
Program.Studi : Akuntansi (2023)
Tanggal disimpan : 26-01-2024 09:31
Terakhir diubah : 26-01-2024 09:32
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5278
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!