PENGARUH PEMBERIAN PUPUK ORGANIK CAIR DAUN LAMTORO (LEUCAENA LEUCOCEPHALA) DAN DOSIS PUPUK KANDANG SAPI TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN MELON (CUCUMIS MELO L).

FEBBRI ANDREAS PANE (2023), PENGARUH PEMBERIAN PUPUK ORGANIK CAIR DAUN LAMTORO (LEUCAENA LEUCOCEPHALA) DAN DOSIS PUPUK KANDANG SAPI TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN MELON (CUCUMIS MELO L). . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian POC daun lamtoro (Leucaene leucocephala) dan dosis pupuk kandang sapi terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman melon (Cucumis melo L). Pengaruh interaksi antara pengaruh POC daun lamtoro dan dosis pupuk kandang sapi terhadap pertumbuhan tanaman melon. Penelitian ini dilaksanakan di lahan percobaan Fakultas Pertanian Universitas Samudra, Kota Langsa Provinsi Aceh dengan ketinggian tempat ± 10 mdpl. Penelitian ini telah dilakukan mulai bulan September sampai November 2022.
Penelitian ini disusun dengan menggunakan rancangan acak kelompok (RAK) pola faktorial yang terdiri dari 2 faktor. Faktor yang diamati pengaruh POC daun lamtoro dan dosis pupuk kandang sapi terhadap pertumbuhan tanaman melon yang diulang sebanyak 3 kali. Parameter yang di amati antara lain tinggi tanaman (cm), umur keluar bunga (hst), diameter batang, produksi per tanaman sampel (kg) dan produksi tanaman per plot (kg).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan POC daun lamtoro berpengaruh nyata terhadap produksi per tanaman sampel melon. Yang berpengaruh sangat nyata terhadap tinggi tanaman 4 MST dan Produksi tanaman per plot. Namun tidak berpengaruh nyata terhadap tinggi tanaman 2 MST, umur keluar bunga dan diameter batang 2,4 MST. Sedangkan pada perlakuan pupuk kandang sapi berpengaruh nyata terhadap tinggi tanaman 2 MST, dan berpengaruh sangat nyata terhadap diameter batang 2 MST, produksi per tanaman sampel dan produksi tanaman per plot. Namun berpengaruh tidak nyata terhadap tinggi tanaman 4 MST, Umur keluar bunga dan diameter batang 4 MST.
Dari hasil penelitian kombinasi perlakuan POC daun lamtoro dan pupuk kandang sapi terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman melon terdapat interaksi yang nyata terhadap produksi per tanaman sampel dan sangat nyata terhadap produksi tanaman per plot. Untuk melakukan pembudidayan tanaman melon agar mendapat produktivitas yang maksimal di sarankan menggunakan POC daun lamtoro L2 (40%/plot) dan dosis pupuk kandang sapi K2 (1,2 kg/plot).

Kata kunci : NO KEYWORD

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : FEBBRI ANDREAS PANE
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Agroteknologi (2023)
Tanggal disimpan : 25-01-2024 11:21
Terakhir diubah : 25-01-2024 11:27
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5267
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!