STRATEGI PENGEMBANGAN USAHATANI KOPI ARABIKA (COFFEA ARABICA) DI DESA PAGUR KECAMATAN PANYABUNGAN TIMUR KABUPATEN MANDAILING NATAL SUMATERA UTARA

YULI PAISAH (2023), STRATEGI PENGEMBANGAN USAHATANI KOPI ARABIKA (COFFEA ARABICA) DI DESA PAGUR KECAMATAN PANYABUNGAN TIMUR KABUPATEN MANDAILING NATAL SUMATERA UTARA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Kabupaten Mandailing Natal merupakan salah satu daerah penghasil kopi di Provinsi Sumatera Utara. Perkebunan kopi rakyat terbesar di Kabupaten Mandailing Natal merupakan milik Desa Pagur yang terletak di Kecamatan Panyabungan Timur. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis faktor internal (kekuatan dan kelemahan) dan faktor eksternal (peluang dan ancaman) usahatani kopi arabika di Desa Pagur Kecamatan Panyabungan Timur serta menganalisis strategi yang tepat untuk diimplementasikan dalam pengembangan usaha tani kopi di Desa Pagur. Metode survei merupakan metode yang dipilih dalam melaksanakan penelitian ini. Sebanyak 39 orang masyarakat Desa Pagur dipilih untuk menjadi responden atau sampel dalam penelitian. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan menggunakan analisis SWOT, Matriks Posisi dan Matriks SWOT, untuk merumuskan “Strategi Pengembangan Usahatani Kopi Arabika (Coffea arabica) di Desa Pagur Kecamatan Panyabungan Timur Kabupaten Mandailing Natal Sumatera Utara”, sehingga diperoleh hasil bahwa alternatif strategi yang dapat dimanfaatkan dalam penelitin ini, yaitu dengan memaksimalkan pemanfaatan lahan kopi yangdimiliki para petani kopi arabika di Desa Pagur, memperbaiki jalan atau aksesmenuju lokasi usahatani kopi arabika untuk mempermudah para petani menujulokasi usahanya, serta memperlancar dan meminimalisir biaya distribusi kopi arabika, memaksimalkan pemanfaatan teknologi yang ada untuk memperoleh harga jual kopi yang lebih tinggi.

Kata kunci : analisiss SWOT, kopi arabika, strategi, usahatani.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : YULI PAISAH
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Agribisnis (2023)
Tanggal disimpan : 25-01-2024 11:11
Terakhir diubah : 25-01-2024 11:12
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5266
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!