PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA MAN 2 LANGSA

MILDA ADELLIA (2023), PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA MAN 2 LANGSA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh data observasi yang menunjukan proses pembelajaran matematika tentang pemahaman konsep matematis masih rendah. Pada proses pembelajaran diharapkan siswa dapat aktif dalam setiap pembelajaran, khususnya pembelajaran matematika. Salah satu media pembelajaran yang mendukung hal tersebut adalah media pembelajaran Macromedia Flash. Dengan media pembelajaran ini siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa MAN 2 Langsa dengan menggunakan media pembelajaran Macromedia Flash, pada materi barisan dan deret. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen. Instrumen penelitian berupa tes soal dalam bentuk essay. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre-experimental design tipe one group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini yakni seluruh siswa kelas XI MAN 2 Langsa tahun ajaran 2022/2023 yang terdiri dari 7 kelas dengan jumlah keseluruhan siswa yaitu 150 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan simple random sampling. Sehingga di dapat sampel dalam penelitian ini yakni peserta siswa XI MIA-4 dengan jumlah 21 siswa. Tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah berbentuk uraian.
Berdasarkan pengujian hipotesis diperoleh df = 20 dengan nilai ttabel = 1,724 dan thitung = 16,33 maka diperoleh hasil thitung > ttabel (16,33 > 1,724) dengan taraf signifikan 5% jadi H0 ditolak dan H1 diterima, dapat disimpulkan terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa MAN 2 Langsa setelah mengikuti pembelajaran matematika yang menerapkan media pembelajaran Macromedia Flash. Adapun saran dalam penelitian ini yaitu diharapkan dengan adanya penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dan masukan bagi guru untuk menggunakan media pembelajaran Macromedia Flash untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.

Kata kunci : Pemahaman Konsep Matematis, Media Pembelajaran, Macromedia Flash.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : MILDA ADELLIA
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Matematika (2023)
Tanggal disimpan : 25-01-2024 08:44
Terakhir diubah : 25-01-2024 08:45
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5262
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!