ANALISIS DAMPAK EKSTERNALITAS PTPN 2 TERHADAP KONDISI SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT DESA BULU CINA KEC. HAMPARAN PERAK KAB. DELI SERDANG

Ella Eka Safitri Sayuti (2024), ANALISIS DAMPAK EKSTERNALITAS PTPN 2 TERHADAP KONDISI SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT DESA BULU CINA KEC. HAMPARAN PERAK KAB. DELI SERDANG . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

PT. Perkebunan Nusantara 2 menjalankan dan mengoptimalkan produksinya. Adapun eksternalitas positifnya adalah diperlukan banyaknya tenaga kerja dalam mengoprasikan produksi sehingga produksi yang dihasilkan menjadi optimal. Tenaga kerja merupakan faktor yang sangat penting bagi suatu industri karena berhasil tidaknya pencapaian tujuan industri dipengaruhi oleh tenaga kerja yang tersedia. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dampak eksternalitas PTPN 2 terhadap kondisi sosial ekonomi masyarakat desa Bulu Cina Kec. Hamparan Perak Kab. Deli Serdang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menjelaskan bahwa adanya PTPN 2 di Desa Bulu Cina Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang memberikan dampak positif terhadap sosial ekonomi masyarakat. Dengan adanya PTPN 2 tingkat pengangguran di wilayah setempat akan berkurang dengan nilai mean sebesar 4,00 dan standar deviasi 0,000. Artinya dengan adanya eksternalitas PTPN 2 maka kondisi sosial ekonomi masyarakat dapat meningkat salah satunya dengan berkurangnya pengangguran di daerah setempat yaitu di desa Bulu Cina Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang.

Kata kunci : Dampak Eksternalitas, Sosial Ekonomi Masyarakat

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Ella Eka Safitri Sayuti
Fakultas : Fakultas Ekonomi
Program.Studi : Ekonomi Pembangunan (2024)
Tanggal disimpan : 24-01-2024 15:49
Terakhir diubah : 30-01-2024 09:42
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2024
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5256
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!