PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGERJAKAN SOAL CERITA MELALUI METODE PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) MATA PELAJARAN MATEMATIKA PADA KELAS III SD NEGERI 7 LANGSA TAHUN AJARAN 2021/2022

Eli Junita Berutu (2023), PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGERJAKAN SOAL CERITA MELALUI METODE PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) MATA PELAJARAN MATEMATIKA PADA KELAS III SD NEGERI 7 LANGSA TAHUN AJARAN 2021/2022 . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai Matematika, khususnya pada aspek mengerjakan soal cerita, siswa kurang mengetahui cara penyelesaian soal dalam bentuk cerita. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa matematika pada soal cerita dengan menggunakan metode Realistic Mathematic Education (RME) pada kelas III SD Negeri 7 Langsa tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober 2022, bertempat di kelas III SD Negeri 7 Langsa. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus yang terdiri dari dua kali pertemuan dalam satu siklus, setiap siklus terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik dan alat pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis deskritif terhadap data berupa dokumen hasil perkerjaan siswa, daftar nilai dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan metode Realistik Mathematics Edacation (RME)terjadi suasana pembelajaran yang menyenangkan sehingga hasil belajar siswa meningkat, dari nilai kondisi awal sebelum dilaksanakan tindakan kelas mata pelajaran Matematika Kelas III Semester gasal adalah 60 dengan KKM 70, hanya 30% siswa yang mampu mencapai nilai > 70. Pada Siklus I diperoleh dengan KKM 70, ketuntasan belajar siswa mencapai 75%. Sedangakan pada Siklus II diperoleh nilai KKM, ketuntasan belajar siswa mencapai 87%. Disimpulkan bahwa metode Realistik Mathematics Edacation (RME) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada soal cerita matematika.

Kata kunci : Kemampuan, Soal Cerita, Realistik Mathematic Education (RME)

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Eli Junita Berutu
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2023)
Tanggal disimpan : 18-01-2024 10:56
Terakhir diubah : 23-01-2024 13:35
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5239
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!