ANALISIS PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN AUTENTIK UNTUK MENGUKUR KINERJA ILMIAH SISWA

Aulia Putri Utami (2023), ANALISIS PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN AUTENTIK UNTUK MENGUKUR KINERJA ILMIAH SISWA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui kebutuhan guru terhadap penilaian autentik untuk mengukur kinerja ilmiah siswa; Mengetahui kevalidan dari instrumen penilaian autentik untuk mengukur kinerja ilmiah yang telah dikembangkan; dan Respons guru terhadap instrumen penilaian autentik untuk mengukur kinerja ilmiah siswa yang telah dikembangkan. Metode penelitian ini yaitu metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan langkah penelitian Thiagarajan meliputi 4D (Define, Design, Development, dan Dessimination) yang dimodifikasi menjadi 3D (Define, Design, dan Development). Sumber data data penelitian berupa wawancara guru dan lembar skala likert. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara untuk analisis kebutuhan, lembar skala likert dalam bentuk checklist yang diberikan kepada validator sebagai uji kelayakan instrumen penilaian autentik yang dikembangkan serta kepada guru berupa tanggapan atau respons terhadap instrumen penilaian autentik yang dikembangkan, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan Instrumen penilaian autentik untuk mengukur kinerja ilmiah siswa sangat dibutuhkan guru dalam proses pembelajaran terutama dalam penilaian hasil belajar. Hal ini berdasarkan wawancara terhadap guru; Instrumen penilaian autentik untuk mengukur kinerja ilmiah siswa yang telah dikembangkan valid digunakan. Hal ini berdasarkan hasil rata-rata penilaian dari ketiga validator sebesar 3,69 dengan kategori sangat valid; dan Respons guru terhadap instrumen penilaian autentik untuk mengukur kinerja ilmiah siswa yang telah dikembangkan menunjukkan hasil yang sangat baik karena diperoleh nilai kepraktisan mencapai 82,5% dengan kategori sangat baik.

Kata kunci : Instrumen Penilaian Autentik, Kinerja Ilmiah Siswa

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Aulia Putri Utami
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Kimia (2023)
Tanggal disimpan : 17-01-2024 16:03
Terakhir diubah : 30-01-2024 11:05
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5238
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!