PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI TITIK PINTAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) QURROTA AYUN AL-MASRI

Atiya Husna (2023), PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI TITIK PINTAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) QURROTA AYUN AL-MASRI . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi yang bervariasi dapat melibatkan keaktifan siswa di dalam pembelajaran. Siswa akan lebih termotivasi untuk belajar dan terlibat secara langsung dalam menggunakan media pembelajaran sehingga hasil belajar dapat tercapai. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran aplikasi Titik Pintar terhadap hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Qurrota Ayun Al- Masri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen tipe True Experimental dalam bentuk Posttest-Only Control Design. Populasi adalah seluruh siswa kelas IV tahun ajaran 2022/2023 berjumlah 48 orang dan sampel terpilih melalui teknik random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen tes pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) uji t dengan nilai thitung = 2,416 >ttabel = 2,012 dengan taraf signifikansi 0,05 sehingga nilai t hitung lebih besar dari t tabel maka Ha diterima, (2) aplikasi titik pintar dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dari pemaparan tersebut disarankan kepada penyelenggara pendidikan untuk mendukung dan memfasilitasi sekolah dengan menggunakan media pembelajaran aplikasi Titik Pintar sebagai solusi dalam membantu guru menciptakan suasana belajar yang aktif sehingga dapat memotivasi dan meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata kunci : Hasil Belajar, Media, Pengaruh, Titik Pintar

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Atiya Husna
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2023)
Tanggal disimpan : 16-01-2024 15:13
Terakhir diubah : 25-01-2024 11:48
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5230
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!