ESTIMASI POTENSI CADANGAN AIR TANAH MENGGUNAKAN METODE GEOLISTRIK (STUDI KASUS: DI KAWASAN LABORATORIUM GEDUNG PGSD UNIVERSITAS SAMUDRA)

Dwiky Octovandi Panggabean (2024), ESTIMASI POTENSI CADANGAN AIR TANAH MENGGUNAKAN METODE GEOLISTRIK (STUDI KASUS: DI KAWASAN LABORATORIUM GEDUNG PGSD UNIVERSITAS SAMUDRA) . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Universitas Samudra Terletak di Gampong Meurandeh Dayah Kecamatan Langsa. Sebagian besar penduduk dikawasan Universitas Samudra masih menggunakan air tanah untuk kebutuhan sehari-hari, sehingga perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui potensi debit air yang ada dikawasan penelitian. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode geolistrik, hasil pengukuran didapat dalam bentuk nilai resistivitas yang digunakan untuk menentukan jenis lapisan bawah permukaan bumi yaitu akuifer. Pengambilan data menggunakan metode geolistrik konfigurasi Schlumberger sebanyak 3 lintasan. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan Microsoft Excel dan IP2WIN untuk mendapatkan penampang resistivitas dan jenis lapisan tanah dengan ketebalannya. Analisis data menggunakan persamaan Darcy untuk memperoleh besarnya potensi cadangan air tanah yang berupa nilai debit air (Q). Hasil penelitian menunjukkan bahwa potensi rata-rata cadangan air tanah di Kawasan Laboratorium Gedung PGSD Universitas Samudra sebanyak 4,03 L/S. Potensi cadangan air tanah dikawasan Laboratorium Universitas Samudra memiliki potensi yang sedang.

Kata kunci : Universitas Samudra, Metode Geolistrik, Resistivitas, Akuifer, Persamaan Darcy, IP2WIN

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Dwiky Octovandi Panggabean
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : MIPA Fisika (2024)
Tanggal disimpan : 16-01-2024 10:27
Terakhir diubah : 05-02-2024 15:35
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2024
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5226
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!