ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN MINYAK GORENG KEMASAN DI KOTA LANGSA

Chania Mely Piana (2024), ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN MINYAK GORENG KEMASAN DI KOTA LANGSA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, promosi, produk dan akses mendapatkan terhadap keputusan konsumen dalam pembelian minyak goreng kemasan di Kota Langsa. Desain penelitian yang digunakan adalah desain penelitian kausal. Menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Jenis data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan kuesioner menggunakan skala likert. Lokasi penelitian dilakukan secara sengaja (purposive) yaitu Kota Langsa. Penentuan sampel dilakukan dengan metode insidental sampling dengan jumlah responden 97 orang. Data diolah dengan IBM SPSS Statistic 2020 dngan menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan pada hasil uji F menunjukkan bahwa variabel harga (X1), promosi (X2), produk (X3) dan akses mendapatkan (X4) secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai Fhitung 39,813 > Ftabel 2,47. Sehingga dapat disimpulkan bahwa harga, promosi, produk dan akses mendapatkan secara simultan berpengaruh sangat nyata terhadap keputusan pembelian minyak goreng kemasan di Kota Langsa atau hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini terbukti diterima. Pada hasil uji koefisien determinasi (R2) diketahui nilai adjusted R square adalah 0,555 atau sebesar 55,5%, menunjukkan bahwa secara serempak variabel harga, promosi, produk dan akses mendapatkan dapat mempengaruhi keputusan pembelian minyak goreng kemasan di Kota Langsa sebesar 55,5%, sedangkan sisanya 44,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Pada uji t yang dilakukan membuktikan : 1) variabel harga berpengaruh negatif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (thitung 3,265 > ttabel 1,986), 2) variabel promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (thitung 6,374 > ttabel 1,986), 3) variabel produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (thitung 5,321 > ttabel 1,986), 4) variabel akses mendapatkan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (thitung 2,500 > ttabel 1,986).

Kata kunci : harga, promosi, produk, akses mendapatkan, keputusan pembelian

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Chania Mely Piana
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Agribisnis (2024)
Tanggal disimpan : 11-01-2024 16:16
Terakhir diubah : 05-04-2024 09:55
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2024
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5198
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!