DAMPAK PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR TERHADAP SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT (STUDI KASUS JALAN REL KERETA API, KECAMATAN LANGSA BARO, KOTA LANGSA)

Fatin Azuna (2024), DAMPAK PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR TERHADAP SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT (STUDI KASUS JALAN REL KERETA API, KECAMATAN LANGSA BARO, KOTA LANGSA) . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak pembangunan infrastruktur terhadap sosial ekonomi masyarakat serta untuk mengetahui faktor pendorong dan penghambat pembangunan infrastruktur terhadap kehidupan sosial ekonomi masyarakat sekitar Jalan Rel Kereta Api Kecamatan Langsa Baro, Kota Langsa. dapat dilihat dari pembangunan infrastruktur jalan di mana lokasi tersebut memiliki 3 dusun antara lain dusun Peutua Rahim dengan jumlah 166 KK, dusun Peutuah Dollah dengan jumlah 142 KK, Dusun Imum Abu dengan jumlah 146 KK, dengan jumlah jiwa diperkirakan 1.914 jiwa, data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari kuisioner yang diberikan kepada 91 orang responden. Data kemudian di analisis menggunakan analisis statistik deskriptif dengan membandingkan dengan penelitian sebelumnya. dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan adanya pembangunan infrastruktur memberikan dampak terhadap sosial ekonomi masyarakat sekitar dengan dilakukan pelebaran jalan dengan sistem dua jalur, adapun Faktor pendorong dari pembangunan infrastruktur dikarenakan jalan yang berlubang, sempit, dan kumuh, serta menyebabkan terjadinya kemacetan, oleh karena itu pembangunan infrastruktur ini memberikan dampak positif terhadap sosial ekonomi masyarakat sekitar, sedangkan faktor penghambat nya antara lain pembangunan infrastruktur jalan tersebut selesai dalam waktu lebih dari 1 tahun sehingga memakan waktu lama untuk bisa digunakan oleh masyarakat yang melintasi jalan tersebut.


 

Kata kunci : Infrastruktur, sosial ekonomi, jalan, dampak pembangunan

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Fatin Azuna
Fakultas : Fakultas Ekonomi
Program.Studi : Ekonomi Pembangunan (2024)
Tanggal disimpan : 08-01-2024 12:15
Terakhir diubah : 11-01-2024 11:51
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2024
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5187
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!