MENINGKATKAN MOTIVASI MEMBACA PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE PADA SISWA KELAS III SD NEGERI ACEH TAMIANG

Nurleini Bunda Siregar (2023), MENINGKATKAN MOTIVASI MEMBACA PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE PADA SISWA KELAS III SD NEGERI ACEH TAMIANG . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada aspek membaca permulaan di kelas III SD Negeri Aceh Tamiang. Adapun teknik pegumpulan data dari penelitian ini yaitu tes, angket, observasi dan dokumentasi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) penelitian ini dilaksana dalam 3 siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Aceh Tamiang yang berjumlah 17 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran scramble dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran terbukti dari hasil rata-rata aktivitas guru siklus I sebesar 82, sedangkan pada siklus II rata-rata aktivitas guru meningkat menjadi 90, dan pada siklus III rata-rata aktivitas guru menjadi 96. Peningkatan juga terjadi pada aktivitas siswa oada siklus I diperoleh rata-rata sebesar 64 sedangkan pada siklus II aktivitas siswa meningkat menjadi 81 dan pada siklus III rata-rata aktivitas siswa menjadi 86 penerapan model pemeblajaran scramble dapat meningkatkan motivasi membaca permulaan siswa kelas III SD Negeri Aceh Tamiang. Hal tersebut ditunjukkan dengan meningkatnya kemampuan hasil penilaian motivasi belajar membaca pada siklus I sebesar 64% pada siklus II sebesar 73% dan pada siklus III sebesar 85%.

Kata kunci : Model pembelajaran scramble, Meningkatkan Motivasi Membaca Permulaan

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Nurleini Bunda Siregar
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2023)
Tanggal disimpan : 03-01-2024 15:46
Terakhir diubah : 08-01-2024 11:52
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5161
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!