ANALISIS NILAI PENDIDIKAN KARAKTER MANDIRI PADA BUKU TEMATIK KELAS V TEMA 3 “ MAKANAN SEHAT

FITRI NAZHIRA (2022), ANALISIS NILAI PENDIDIKAN KARAKTER MANDIRI PADA BUKU TEMATIK KELAS V TEMA 3 “ MAKANAN SEHAT. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Nilai penguatan pendidikan karakter mandiri  yang terkandung pada buku tematik siswa kurikulum 2013 tema 3 kelas V Edisi Revisi 2017 Rumusan masalah penelitian bagaimanakah nilai pendidikan karakter mandiri pada buku tematik kelas V tema 3 dan tujuan penelitian untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter  pada buku tematik kelas V tema 3


Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis  penelitian analisis konten. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis konten dengan tahap pengadaan data, pengurangan (reduksi) data, inferensi, dan analisis. 


Hasil data penelitian diperoleh melalui pengamatan. Pengamatan dilakukan pada buku tematik siswa kurikulum 2013 tema 3 kelas V. sebagai objek sumber  pada penelitian. Adapun indikator yang telah ditetapkan peneliti sebanyak 5  indikator pendidikan karakter mandiri dan dari proses pengamatan ini peneliti menemukan beberapa nilai-nilai karakter yang ada pada buku tematik siswa tema 3 ini.


Berdasarkan kesimpulan diatas peneliti memberikan saran sesuai dengan   nilai pendidikan karakter mandiri yang terdapat pada buku tematik siswa kurikulum 2013 tema 3 kelas V Edisi Revisi 2017. Diharapkan buku tematik siswa kurikulum 2013 tema 3kelas V Edisi Revisi 2017  dapat menjadi media pembelajaran disekolah untuk membangun pendidikan karakter mandiri agar pembelajaran lebih menarik

Kata kunci : Nilai Penguatan Pendidikan Mandiri, Buku Tematik Kelas V Tema 3

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : FITRI NAZHIRA
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2022)
Tanggal disimpan : 03-01-2024 13:16
Terakhir diubah : 09-01-2024 11:00
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5160
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!