PENENTUAN WAKTU ISTIRAHAT UNTUK MEMINIMALKAN KELELAHAN PETANI PADI MENGGUNAKAN METODE FISIOLOGI (STUDI KASUS : PERSAWAHAN MASYARAKAT DESA PAHLAWAN, KECAMATAN KARANG BARU, ACEH TAMIANG)

Putri Widia Agustina (2023), PENENTUAN WAKTU ISTIRAHAT UNTUK MEMINIMALKAN KELELAHAN PETANI PADI MENGGUNAKAN METODE FISIOLOGI (STUDI KASUS : PERSAWAHAN MASYARAKAT DESA PAHLAWAN, KECAMATAN KARANG BARU, ACEH TAMIANG) . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Petani merupakan salah satu profesi yang rentan mengalami resiko masalah kesehatan seperti nyeri pada persendian. Kelelahan yang terjadi berulang-ulang dan secara berkelanjutan akibat bekerja akan menyebabkan masalah pada kesehatan petani yaitu nyeri pada sendi. Permasalahan pada penelitian ini yaitu pada aktivias menanam padi memiliki keluhan kelelahan dan risiko yang tinggi, sehingga diperlukanya menentukan waktu istirahat saat menanam padi. Tujuan penelitian adalah menentukan beban kerja fisiologis pada petani padi pada saat menanam padi dan menentukan waktu istirahat pada petani agar tidak cepat merasa kelelahan saat menanam padi. Metode yang digunakan yaitu Cardiovascular Load dan Konsumsi Energi. Hasil dari penelitian waktu istirahat terkecil sebesar 12,65 menit sedangkan waktu istirahat terbesar yaitu 120,39 menit. Dapat dilihat bahwa waktu istirahat terkecil yaitu Lilik dengan umur 44 tahun, dan waktu istirahat terbesart yaitu Sartono dengan umur 61 tahun. Kesimpulan beban kerja pada petani saat menanam padi dilihat dari persentase cardiovascular load dan jumlah energi yang dikeluarkan petani, pada persentase cardiovascular load didapatkan hasil 7 orang dengan tindakan "tidak terjadi kelelahan", sedangkan 46 orang dengan tindakan "diperlukan perbaikan". Konsumsi energi dengan klasifikasi yang sangat ringan yaitu sari dengan persentase 4,21% dan klasifikasi sedang yaitu suparlan dengan persentase 6,26%. Waktu istirahat terkecil yaitu Lilik umur 44 tahun dengan waktu istiraha sebesar 12,65 menit sedangkan waktu istirahat terbesar yaitu Sartono umur 61 tahun dengan waktu istirahat sebesar 120,39 menit.

Kata kunci : Cardiovascular Load, Fisiologi, Konsumsi Energi, Petani, Waktu Istirahat

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Putri Widia Agustina
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : Teknik Industri (2023)
Tanggal disimpan : 02-01-2024 12:23
Terakhir diubah : 23-04-2024 10:12
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5155
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!