PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK MEMBANTU MEMBACA PEMAHAMAN KELAS IV SD NEGERI 1 LANGSA

Intan Purnama Dewi (2023), PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK MEMBANTU MEMBACA PEMAHAMAN KELAS IV SD NEGERI 1 LANGSA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Dalam pembelajaran peran media sangat penting. Membaca pemahaman siswa kelas 4 SDN 1 Langsa memperlihatkan bahwa masih rendahnya tingkat membaca pemahaman. Media pembelajaran berbasis Augmented Reality adalah media yang cocok dan tepat dipakai untuk membantu membaca pemahaman peserta didik. Tujuan penelitian ini yaitu memperoleh produk alat bantu pembelajaran berbasis Augmented Reality untuk membantu membaca pemahaman kelas IV SD Negeri 1 Langsa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) yang mengacu pada model Borg and Gall level 3 yang dimodifikasi dengan tahapan berupa potensi serta masalah, penghimpunan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, dan uji coba awal. Desain pengembangan media pembelajaran berbasis Augmented Reality terdiri dari tahapan potensi serta masalah, penghimpunan informasi dan desain produk. Hasil validasi media diperoleh nilai uji kelayakan 98,43% dan validasi ahli materi 93,75% dengan kategori sangat layak. Perolehan praktikalitas diperoleh nilai kepraktisan 89,70% menempati kriteria sangat praktis dengan artian mudah digunakan.

Kata kunci : Media Pembelajaran; Augmented Reality; Membaca Pemahaman

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Intan Purnama Dewi
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2023)
Tanggal disimpan : 01-01-2024 11:28
Terakhir diubah : 09-01-2024 11:12
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5151
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!