PERAN CABANG KEJAKSAAN NEGERI DALAM PENYELESAIAN TINDAK PIDANA (STUDI PENELITIAN DI CABANG KEJAKSAAN NEGERI LANGKAT DI PANGKALAN BRANDAN)

FATIMAH AZ-ZAHRA (2024), PERAN CABANG KEJAKSAAN NEGERI DALAM PENYELESAIAN TINDAK PIDANA (STUDI PENELITIAN DI CABANG KEJAKSAAN NEGERI LANGKAT DI PANGKALAN BRANDAN) . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Tindak pidana selalu terjadi dan datang tanpa kenal waktu dengan jumlah yang tidak bisa diprediksi sama sekali, sehingga Kejaksaan Negeri Langkat perlu bekerja cepat sesuai batasan waktu penanganan perkara. Untuk mengatasi hal tersebut Kejaksaan Agung membentuk Cabang Kejaksaan Negeri Langkat di Pangkalan Brandan agar dapat bekerja dengan maksimal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan pola koordinasi antara Cabang Kejaksaan Negeri Langkat di Pangkalan Brandan dengan Kejaksaan Negeri Langkat, wewenang Cabang Kejaksaan Negeri Langkat di Pangkalan Brandan dalam menyelesaikan tindak pidana, serta kendala dan upaya yang dilakukan oleh Cabang Kejaksaan Negeri Langkat di Pangkalan Brandan dalam meminimalisasi tindak pidana. Penelitian ini menggunakan metode penelitian yuridis empiris yaitu penelitian yang dilakukan dengan cara mengkaji serta menganalisis cara kerja hukum di masyarakat dalam keadaan nyata, berupa fakta-fakta yang berkaitan dengan permasalahan. Dalam melakukan tugas dan wewenangnya, Cabang Kejaksaan Negeri Langkat di Pangkalan Brandan telah melakukan koordinasi yang baik dengan Kejaksaan Negeri Langkat, serta sesuai dengan peraturan yang ada yaitu Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2021 tentang Kejaksaan Republik Indonesia. Namun, dalam penyelesaian perkara pidana, Cabang Kejaksaan Negeri Langkat di Pangkalan Brandan kerapkali mengalami hambatan seperti jarak tempuh ke persidangan yang jauh sewaktu-waktu dapat memunculkan sebuah resiko, dan walaupun sudah jarang membawa tahanan dengan jarak tempuh yang jauh, hambatan terkadang masih dialami oleh Cabang Kejaksaan Negeri Langkat seperti sinyal yang terkadang tidak stabil saat sedang melakukan persidangan secara daring. Untuk mengatasi kendala tersebut, pihak Cabang Kejaksaan Negeri selalu melaksanakan SOP tahanan dengan pengawalan polisi serta pengecekan (service) mobil untuk membawa tahanan. Selain itu, mereka juga melakukan percepatan perluasan akses dan peningkatan infrastruktur digital, seperti menambahkan 2 jaringan agar sinyal lebih stabil saat melakukan persidangan secara daring. Disarankan bagi Cabang Kejaksaan Negeri Langkat di Pangkalan Brandan agar selalu membina kerjasama yang sudah terjalin baik dengan Kejaksaan Negeri Langkat maupun dengan penegak hukum lainnya, dengan tetap menjalankan wewenang sesuai pada peraturan tanpa ada intervensi dari kekuasaan manapun, serta terlebih dulu mengupayakan suatu perencanaan untuk meminimalisasi terjadinya hambatan dalam menjalankan tugas dan wewenang agar penegakan hukum yang dilakukan menjadi lebih maksimal.

Kata kunci : Peran, Cabang Kejaksaan Negeri, Tindak Pidana

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : FATIMAH AZ-ZAHRA
Fakultas : Fakultas Hukum
Program.Studi : Ilmu Hukum (2024)
Tanggal disimpan : 12-12-2023 12:15
Terakhir diubah : 14-12-2023 11:59
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2024
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5082
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!