PENGARUH PUPUK KANDANG LEMBU TERHADAP PERTUMBUHAN LIDAH BUAYA (ALOE VERA. L)

FITRI AMELIA UTAMI (2020), PENGARUH PUPUK KANDANG LEMBU TERHADAP PERTUMBUHAN LIDAH BUAYA (ALOE VERA. L) . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Untuk dapat tumbuh dan menghasilkan tanaman lidah buaya memerlukan lingkungan  yang sesuai dengan persyaratan tumbuhnya. Lingkungan yang sesuai dengan kebutuhan tanaman akan lebih efisien daripada penggunaan berbagai faktor teknologi. Salah satu pupuk organik yaitu pupuk kandang lembu, pupuk kandang mempunyai keuntungan sifat yang lebih baik daripada pupuk organik lainnya. Pupuk kandang merupakan humus banyak mengandung unsur-unsur organik yang dibutuhkan di dalam tanah. Oleh karena itu dapat mempertahankan struktur tanah sehingga mudah diolah dan banyak mengandung oksigen.


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pupuk kandang lembu  terhadap pertumbuhan lidah buaya (Aloe  vera. L).


Metode dalam penelitian ini yaitu eksperimen adalah penelitian eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah tanaman lidah buaya di kebun Ibu Khairunisa desa Seuneubok Rambong Kecamatan Idi Rayeuk Kabupaten Aceh Timur. Sampel penelitian yaitu 20 tanaman lidah buaya dan membagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen (tanaman lidah buaya yang diberikan pupuk kandang lembu) dan kelompok kontrol (tanaman lidah buaya yang tidak diberikan pupuk kandang lembu), peneliti akan melakukan ulangan percobaan sebanyak 2 kali.


Untuk menganalisis data digunakan rumus :


                   RJKReg(b/a)


Fhitung =                          (Riduwan, M. Ba, 1998: 46)


                      RJKRes


   


Setelah dilakukan penelitian berdasarkan pengujian regresi sederhana diperoleh ada pengaruh pupuk kandang lembu  terhadap pertumbuhan lidah buaya (Aloe vera. L). Pengaruh yang signifikan pupuk kandang lembu  terhadap pertumbuhan lidah buaya (Aloe vera. L) pada pengukuran panjang daun diperoleh Fhitung (220,26) > Ftabel (4,41), pada pengukuran lebar daun diperoleh Fhitung (23,2) >  Ftabel (4,41) maka tolak Ho artinya signifikan pada taraf 5%.


Karena pupuk kandang lembu mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap pertumbuhan lidah buaya (Aloe  vera. L)  disarankan kepada petani tanaman lidah buaya maupun masyarakat yang memelihara tanaman lidah buaya agar menggunakan pupuk kandang lembu untuk mendapatkan hasil yang bagus. Perlu dilakukan penelitian lanjutan mengenai pengaruh pupuk kandang lembu  terhadap pertumbuhan lidah buaya (Aloe  vera. L) agar karya ilmiah ini dapat lebih sempurna dan bermanfaat.

Kata kunci : Pengaruh, Pupuk Kandang Lembu , Pertumbuhan Lidah Buaya (Aloe vera. L)

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : FITRI AMELIA UTAMI
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Biologi (2020)
Tanggal disimpan : 11-12-2023 15:07
Terakhir diubah : 13-12-2023 15:10
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2020
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5070
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!