Pencarian
IMPLEMENTASI MODEL CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING DAN EXTENDING (CORE) BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SMPN 2 BAMBEL PADA MATERI FUNGSI KUADRAT
Aida fitri (2023),
IMPLEMENTASI MODEL CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING DAN EXTENDING (CORE) BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SMPN 2 BAMBEL PADA MATERI FUNGSI KUADRAT . Skripsi, Universitas Samudra.
ABSTRAK
Kemampuan representasi matematis merupakan salah satu kemampuan yang sangat penting yang harus dimiliki siswa dalam pembelajaran matematika, namun kenyataan di lapangan kemampuan representasi matematis masih tergolong rendah dikarenakan proses pembelajaran yang cenderung membuat siswa pasif dan jenuh saat mengikuti pembelajaran sehingga mengakibatkan siswa kesulitan dalam menyelesaikan soal yang berkaitan dengan kemampuan representasi matematis. Sehingga dibutuhkan solusi untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan implementasi model connecting, organizing, reflecting, dan extending (CORE) berbantuan Geogebra untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keberadaan peningkatan kemampuan representasi matematis siswa SMPN 2 Bambel setelah diimplementasikan model connecting, organizing, reflecting, dan extending (CORE) berbantuan Geogebra pada materi fungsi kuadrat. Metode yang digunakan pada penelitian ini ialah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen satu kelas. Populasi penelitian ini adalah kelas IX SMPN 2 Bambel yang berjumlah 41 siswa, sedangkan sampel pada penelitian ini adalah kelas IX-A yang berjumlah 21 siswa tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Pretest dan Posttest kemampuan representasi matematis siswa yang berbentuk uraian. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa thitung = 9,53 > ttabel(0,05;20) = 2,08 dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan representasi matematis siswa SMPN 2 Bambel setelah diimplementasikan model connecting, organizing, reflecting, dan extending (CORE) berbantuan Geogebra pada materi fungsi kuadrat. Saran yang diharapakan kepada guru matematika untuk menggunakan model connecting, organizing, reflecting, dan extending (CORE) berbantuan Geogebra sebagai salah satu solusi untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa terutama pada materi fungsi kuadrat.
Kata kunci : Kemampuan Representasi Matematis, Model Connecting, organizing, reflecting, dan extending (CORE), Geogebra
File ::(login required)
Tipe Items | : Skripsi |
Penulis/Penyusun | : Aida fitri |
Fakultas | : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan |
Program.Studi | : Pendidikan Matematika (2023) |
Tanggal disimpan | : 11-12-2023 11:58 |
Terakhir diubah | : 18-12-2023 12:17 |
Penerbit | : Langsa, Universitas Samudra, 2023 |
URI | : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5065 |
Root | : https://www.unsam.ac.id |