PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN ANIMAKER DI KELAS XI MAN 1 LANGSA

Robi Natama Situmorang (2023), PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN ANIMAKER DI KELAS XI MAN 1 LANGSA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Pada kurikulum 2013, guru sebagai fasilitator yang berperan penting dalam menyediakan media pembelajaran dalam proses pembelajaran, salah satu media pembelajaran yaitu media audio visual atau video animasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video animasi pembelajaran matematika materi barisan dan deret dengan menggunakan Animaker serta untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan dari video animasi yang dikembangkan. Metode penelitian ini adalah Research and Development (R & D) dengan model pengembangan ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Hasil penelitian berupa pengembangan video animasi pembelajaran matematika dengan menggunakan Animaker untuk peserta didik kelas XI MAN 1 Langsa dengan rata – rata nilai uji kevalidan yang terdiri dari 3 ahli media dan 2 ahli materi sebesar 87,415% dengan kriteria sangat baik dengan kata lain video animasi dengan menggunakan Animaker yang dikembangkan sangat valid digunakan dalam proses pembelajaran di kelas. Pengembangan video animasi pembelajaran matematika dengan menggunakan Animaker untuk peserta didik kelas XI MAN 1 Langsa dengan rata – rata nilai uji kepraktisan uji coba kelas skala kecil dan kelas skala besar sebesar 95,335% dengan kriteria sangat baik dengan kata lain video animasi dengan menggunakan Animaker yang dikembangkan sangat praktis digunakan dalam proses pembelajaran di kelas. Pengembangan video animasi pembelajaran matematika dengan menggunakan Animaker untuk peserta didik kelas XI MAN 1 Langsa dengan hasil analisis keefektifan berupa pretest dan posttest menunjukkan bahwa hasil uji N-gain kelas eksperimen sebesar 0,783684211 dengan kategori tinggi, sedangkan hasil uji Ngain kelas kontrol sebesar 0,332941176 dengan kategori sedang, hal ini menunjukkan bahwa video animasi dengan menggunakan Animaker efektif digunakan dalam proses pembelajaran di kelas. Saran yang diajukan yaitu hasil penelitian ini menjadi bahan referensi bagi peneliti dalam penyusunan karya ilmiah dan video animasi dengan menggunakan Animaker yang dikembangkan kedepannya nanti dapat menjadi lebih baik dan kreatif dalam mendesainnya kemudian video animasi dapat dijadikan media pembelajaran yang digunakan kapan dan dimana pun bagi peserta didik dalam memahami isi materi pelajaran dan video animasi dapat dijadikan media pembelajaran yang alternatif bagi guru dalam membuat proses pembelajaran menjadi menyenangkan serta sebagai bahan pertimbangan bagi sekolah dalam menningkatkan kualitas pendidikan di sekolah.

Kata kunci : Penelitian Pengembangan, ADDIE, Video Animasi, Animaker

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Robi Natama Situmorang
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Matematika (2023)
Tanggal disimpan : 10-12-2023 23:56
Terakhir diubah : 11-12-2023 14:05
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5063
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!