PENGARUH LINGKUNGAN KERJA FISIK TERHADAP KARYAWAN MENGGUNAKAN MACROERGONOMIC ANALYSIS AND DESIGN UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS (STUDI KASUS : UMKM KERIPIK CINTA MAS HENDRO)

Nuraini Br Lubis (2023), PENGARUH LINGKUNGAN KERJA FISIK TERHADAP KARYAWAN MENGGUNAKAN MACROERGONOMIC ANALYSIS AND DESIGN UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS (STUDI KASUS : UMKM KERIPIK CINTA MAS HENDRO) . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

UMKM Keripik Cinta Mas Hendro merupakan UMKM yang bergerak dalam produksi dan juga penjualan produk berupa keripik singkong . Kondisi lingkungan kerja yang tidak sesuai dapat mempengaruhi produktivitas kerja karyawan. Tujuan penelitian, untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi produktivitas karyawan, mengetahui pengaruh termal lingkungan kerja terhadap karyawan, serta memberikan usulan perbaikan sistem kerja untuk meningkatkan produktivitas karyawan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Macroergonomic Analysis and Design untuk menganalisis dan mengevaluasi sistem kerja. Hasil dan pembahasan, faktor-faktor yang mempengaruhi produktivitas karyawan yaitu: kondisi lingkungan fisik, peralatan kerja, kondisi pekerja, dan sistem organisasi. Kondisi termal lingkungan kerja memiliki pengaruh terhadap kelelahan yang dialami karyawan. Kondisi pekerja adalah faktor yang paling berpengaruh terhadap produktivitas karyawan, dimana terdapat 14 orang karyawan dikategorikan memiliki beban %CVL sedang dan memerlukan perbaikan. Nilai rata – rata yang diperoleh dari perhitungan %CVL adalah 41,27 % , sehingga dikategorikan sedang dan memerlukan perbaikan. Terdapat dua usulan perbaikan sistem kerja untuk meningkatkan produktivitas karyawan pada UMKM Keripik Cinta Mas Hendro yang berkaitan dengan kondisi lingkungan fisik dan sistem organisasi. Alternatif solusi yang dapat diberikan diantaranya: perbaikan prosedur kerja, perbaikan kebijakan pengaturan kerja, pengadaan dan pembenahan fasilitas lingkungan fisik. Alternatif yang paling tepat digunakan adalah perbaikan kebijakan pengaturan kerja dengan penambahan waktu istirahat sebesar 31 menit.

Kata kunci : Macroergonomic Analysis and Design (MEAD),Keseimbangan Termal, Cardiovascular Load, Waktu istirahat, Produktivitas, Sistem kerja.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Nuraini Br Lubis
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : Teknik Industri (2023)
Tanggal disimpan : 06-12-2023 10:47
Terakhir diubah : 13-12-2023 13:41
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5050
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!