USULAN REDESAIN BAK PENCUCI UBI DENGAN PENDEKATAN ANTROPOMETRI GUNA MEMPERBAIKI POSTUR KERJA (STUDI KASUS: UD. REZEKI BARU CAP RUMAH ADAT MINANG, KABUPATEN DELI SERDANG)

Budi Try Sari (2023), USULAN REDESAIN BAK PENCUCI UBI DENGAN PENDEKATAN ANTROPOMETRI GUNA MEMPERBAIKI POSTUR KERJA (STUDI KASUS: UD. REZEKI BARU CAP RUMAH ADAT MINANG, KABUPATEN DELI SERDANG) . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

UD. Rezeki Baru merupakan usaha mikro yang bergerak dibidang industri makanan ringan. Dalam proses produksinya, pekerja beraktivitas dengan postur kerja yang membungkuk membuat para pekerja merasakan sakit pada bagian otot. Berdasarkan postur kerja yang membungkuk pada bagian pencuci ubi dengan final score 6 yang artinya menunjukkan bahwa kondisi ini berbahaya maka pemeriksaan dan perubahan diperlukan dengan sangat segera . Sehingga penelitian ini bertujuan dalam menentukan dimensi manusia guna usulan redesain bak pencuci ergonomis dan memberikan usulan ukuran dimensi redesain bak pencuci ergonomis guna memperbaiki postur kerja. Metode yang digunakan yaitu postur kerja guna menganalisi RULA dan antropometri guna mengukur dimensi manusia, persentil guna memberikan usulan perbaikan ukuran dimensi redesain bak pencuci ergonomis, uji keseragaman dan software catia. Hasil dan pembahasan, mengukur 3 dimensi tubuh pekerja yaitu Tinggi Pinggang Berdiri, Panjang Siku Ke Ujung Jari dan Rentangan Tangan, uji keseragaman data menyatakan semua data seragam, uji kenormalan data dengan software SPSS menyatakan data berdistribusi normal dengan persentil P50 dan P95 kemudian penilaian RULA analysis didapatkan masing – masing score yaitu, lengn atas 2, lengan bawah 1, pergelangan tangan 1, putaran pergelangan tangan 1, pergelangan tangan dan lengan 2, leher 1, batang leher 2, leher, badan dan kaki 2 dengan final score 2 yang artinya dalam kategori “aman” yang dapat mengurangi risiko kelelahan oleh pekerja. Kesimpulan ukuran redesain bak pencuci ubi ergonomis yaitu Tinggi bak 106,4 cm, Panjang dan Lebar 179,5 cm, dan kedalaman bak 48,64 cm dengan volume 1567,19 L.

Kata kunci : Antropometri, Ergonomi, Kelelahan Kerja, Postur Kerja, Persentil, Software CATIA

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Budi Try Sari
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : Teknik Industri (2023)
Tanggal disimpan : 28-11-2023 12:34
Terakhir diubah : 04-12-2023 09:40
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5023
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!