ANALISIS PENGARUH REALISASI ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DAERAH (APBD) DAN TINGKAT KEMISKINAN TERHADAP LAJU PERTUMBUHAN EKONOMI DI KOTA PADANG SIDIMPUAN

Andika Pratama (2024), ANALISIS PENGARUH REALISASI ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DAERAH (APBD) DAN TINGKAT KEMISKINAN TERHADAP LAJU PERTUMBUHAN EKONOMI DI KOTA PADANG SIDIMPUAN . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh APBD dan kemiskinan terhadap pertumbuhan ekonomi di Kota Padang Sidimpuan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data APBD, kemiskinan dan pertumbuhan ekonomi Kota Padang Sidimpuan tahun 2017-2022. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, dan uji koefisien determinasi. Persamaan regresi dalam penelitian ini yaitu Y = 2,101 + 0,319X1 - 0,210X2. Dari analisis data diketahui bahwa APBD berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi Kota Padang Sidimpuan. Kemiskinan berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi Kota Padang Sidimpuan. APBD dan tingkat kemiskinan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi Kota Padang Sidimpuan. Variabel APBD dan kemiskinan mempengaruhi pertumbuhan ekonomi Kota Padang Sidimpuan sebesar 61,8%, sedangkan sisanya sebesar 38,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Kata kunci : APBD, Kemiskinan, Pertumbuhan Ekonomi

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Andika Pratama
Fakultas : Fakultas Ekonomi
Program.Studi : Ekonomi Pembangunan (2024)
Tanggal disimpan : 28-11-2023 11:50
Terakhir diubah : 07-12-2023 11:33
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2024
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5021
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!