ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS AIR BERSIH PADA PDAM TIRTA KEUMUENENG KOTA LANGSA DENGAN MENGGUNAKAN PETA KENDALI T-SQUARE (T2)

Natal Marojahan Manurung (2023), ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS AIR BERSIH PADA PDAM TIRTA KEUMUENENG KOTA LANGSA DENGAN MENGGUNAKAN PETA KENDALI T-SQUARE (T2) . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

PDAM Tirta Keumueneng Kota Langsa merupakan perusahaan yang bergerak dibidang penyediaan air minum yang melakukan pengendalian kualitas air oleh dinas kesehatan dengan mengambil beberapa sampel air keran tiap bulannya. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah proses pengendalian kualitas air bersih PDAM Tirta keumueneng Kota langsa sudah terkendali dengan baik? Dan bagaimana pengendalian kualitas air dan proses pengolahan air PDAM Tirta Keumueneng Kota Langsa menggunakan peta kendali T-Square?. Adapun sumber data yang diperoleh penelitian ini adalah data kuantitatif. Data kualitas produksi air merupakan jenis data multivariat karena air mempunyai lebih dari satu parameter kualitas. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui proses pengendalian kualitas produksi air bersih PDAM Tirta Keumueneng Kota Langsa pada tahun 2020 dalam situasi terkendali atau tidak dengan menggunakan peta kendali T- Square (T2). Berdasarkan analisis data diketahui bahwa pengendalian kualitas produksi air bersih di PDAM Tirta Keumueneng Kota Langsa tahun 2020 menggunakan peta kendali T-Square tidak terkendali secara statistik, dimana semua titik dalam peta kendali melewati batas kendali atas dengan nilai UCL = 11,5. Oleh karena itu, pihak PDAM diharapkan tetap menjaga dan mengendalikan produksi air agar lebih baik.

Kata kunci : Pengendalian Kualitas, Peta Kendali T-Square, Kualitas Air

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Natal Marojahan Manurung
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : MIPA Matematika (2023)
Tanggal disimpan : 27-11-2023 15:01
Terakhir diubah : 28-11-2023 15:35
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5013
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!