ANALISIS LOCATION QUETIENT (LQ) DALAM PENENTUAN LOKASI BASIS TANAMAN CABAI RAWIT (CAPSICUM FRUTESCENS, L.) DI PROVINSI ACEH

Lilian Natasya (2024), ANALISIS LOCATION QUETIENT (LQ) DALAM PENENTUAN LOKASI BASIS TANAMAN CABAI RAWIT (CAPSICUM FRUTESCENS, L.) DI PROVINSI ACEH . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lokasi basis tanaman cabai rawit di kabupaten/kota yang ada di Provinsi Aceh. Metode pengumpulan data berdasarkan data sekunder yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik Provinsi Aceh. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Untuk lokasi basis cabai rawit di Provinsi Aceh digunakan analisis Location Quotient (LQ). Data yang digunakan yaitu Populasi jenis tanaman hortikultura di Provinsi Aceh tahun 2013-2022. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Terdapat 3 Kabupaten yang memiliki potensi basis dalam produksi cabai rawit yaitu Kabupaten Aceh Tengah, Kabupaten Bener Merah Dan Kabupaten Gayo Lues.Terdapat beberapa Kabupaten/Kota yang tidak berpotensi sebagai daerah dalam produksi cabai rawit yaitu Kabupaten Simeulue, Kabupaten Aceh Selatan, Kabupaten Aceh Tenggara, Kabupaten Aceh Timur, Kabupaten Aceh Barat, Kabupaten Aceh Besar, Kabupaten Pidie, Kabupaten Bireuen, Kabupaten Aceh Utara, Kabupaten Aceh Barat Daya, Kabupaten Aceh Tamiang, Kabupaten Nagan Raya, Kabupaten Aceh Jaya, Kabupaten Pidie Jaya, Kota Banda Aceh, Kota Sabang, Kota Langsa, Kota Lhokseumawe, Kota Subussalam. Serta hanya 1 Kabupaten yang memiliki peluang dalam produksi tanaman cabai rawit untuk beberapa tahun kedepan yaitu Kabupaten Aceh Singkil.

Kata kunci : Location Quotient, Cabai Rawit, Basis dan Non Basis

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Lilian Natasya
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Agribisnis (2024)
Tanggal disimpan : 27-11-2023 10:50
Terakhir diubah : 01-12-2023 16:13
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2024
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5012
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!