KOMBINASI PAKAN KOMERSIL DENGAN CACING DARAH (CHIRONOMUS SP.) TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KELANGSUNGAN HIDUP IKAN KOI (CYPRINUS RUBROFUSCUS)

Verawati Simanjuntak (2024), KOMBINASI PAKAN KOMERSIL DENGAN CACING DARAH (CHIRONOMUS SP.) TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KELANGSUNGAN HIDUP IKAN KOI (CYPRINUS RUBROFUSCUS) . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Ikan hias merupakan salah satu komoditas perikanan yang menjadi komoditas perdagangan yang potensi perdagangan di dalam dan luar negeri. Ikan hias dapat dijadikan sebagai sumber devisa negara. Agar ikan koi dapat tumbuh dengan baik diperlukan pemberian pakan yang tepat baik ukuran, jumlah, protein maupun kandungan nutrisi pakan oleh sebab itu penulis ingin mengkombinasi pakan komersil dengan cacing darah terhadap pertumbuhan dan kelangsungan hidup ikan Koi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh pemberian pakan komersil dengan cacing darah (Chironomus sp.) terhadap pertumbuhan dan kelangsungan hidup ikan Koi (Cyprinus rubrofuscus). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah metode Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan 3 tiga ulangan. Adapun perlakuan yang akan dilakukan adalah: P1 = (pemberian pakan pelet, pada pagi,siang dan sore), P2 (pemberian pakan cacing pada pagi dan pakan pelet siang dan sore), P3 (pemberian pakan pelet pagi dan pakan cacing siang dan sore) dan P4 (pemberian pakan cacing pada pagi, siang dan sore). Parameter yang diamati:, Pertumbuhan Panjang Mutlak, Pertumbuhan Berat Mutlak, dan kelangsungan hidup. Hasil penelitian yaitu pertumbuhan panjang mutlak menunjukkan bahwa kombinasi pakan dengan cacing darah tidak berpengaruh nyata, pertumbuhan berat mutlak setelah dilakukan analisis variansi menunjukkan bahwa kombinasi pakan dengan cacing darah tidak berpengaruh nyata, Pengamatan hasil penelitian kombinasi pakan komersil dengan Cacing Darah pada pakan terhadap kelangsungan hidup Ikan Mas Koi (Cyprinus rubrofuscus) sebesar 100%.

Kata kunci : Cacing Darah, Ikan Mas Koi, dan Pelet Komersil

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Verawati Simanjuntak
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Akuakultur/Budidaya Perairan (2024)
Tanggal disimpan : 27-11-2023 10:00
Terakhir diubah : 04-12-2023 10:44
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2024
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5010
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!