EFEKTIVITAS PENAMBAHAN CAIRAN RUMEN DOMBA KOMERSIL PADA PAKAN TERHADAP SINTASAN DAN PERTUMBUHAN BENIH IKAN BAWAL AIR TAWAR (COLOSSOMA MACROPOMUM)

Putri Maharani (2024), EFEKTIVITAS PENAMBAHAN CAIRAN RUMEN DOMBA KOMERSIL PADA PAKAN TERHADAP SINTASAN DAN PERTUMBUHAN BENIH IKAN BAWAL AIR TAWAR (COLOSSOMA MACROPOMUM) . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Cairan rumen domba merupakan salah satu sumber bahan yang murah dan mudah diperoleh sebagai sumber enzim-enzim hidrolase. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sintasan dan pertumbuhan ikan bawal air tawar yang diberi perlakuan cairan rumen domba komersil pada pakan dengan dosis yang berbeda. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan 4 perlakuan yang diulang sebanyak 3 kali ulangan. Pada setiap perlakuan diberikan dosis cairan rumen domba komersil P1=0 ml (kontrol), P2=25 ml, P3=35 ml, dan P4=45 ml. Hasil dari perlakuan tersebut berpengaruh nyata terhadap pertumbuhan panjang mutlak, pertumbuhan bobot mutlak, laju pertumbuhan harian dan rasio konversi pakan (RKP). Sedangkan pada sintasan tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Pertumbuhan panjang mutlak tertinggi terdapat pada P4 sebesar 3,40 cm, sedangkan pertumbuhan panjang mutlak terendah terdapat pada P1 sebesar 2,73 cm. Pertumbuhan bobot mutlak tertinggi terdapat pada P4 sebesar 11,79 g, sedangkan pertumbuhan bobot mutlak terendah pada P1 sebesar 8,92 g. Laju pertumbuhan harian tertinggi terdapat pada P4 sebesar 3,65%, sedangkan laju pertumbuhan harian terendah terdapat pada P1 sebesar 3,10%. Dari hasil penambahan cairan rumen domba komersil dengan dosis berbeda pada pakan, semakin tinggi dosis cairan rumen domba komersil yang diberikan maka pertumbuhan yang dihasilkan memiliki kategori semakin baik.

Kata kunci : cairan rumen domba komersil, ikan bawal, pertumbuhan, sintasan

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Putri Maharani
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Akuakultur/Budidaya Perairan (2024)
Tanggal disimpan : 23-11-2023 11:19
Terakhir diubah : 28-11-2023 14:17
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2024
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5003
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!