PERBEDAAN PENGARUH VARIASI LATIHAN DAN RESISTANCE BAND TERHADAP PENINGKATAN TEKNIK TENDANGN "T" PADA ATLET PENCAK ATLET PENCAK SILAT DI KOTA LANGSA

Nuzul Dwi Gustiani (2023), PERBEDAAN PENGARUH VARIASI LATIHAN DAN RESISTANCE BAND TERHADAP PENINGKATAN TEKNIK TENDANGN "T" PADA ATLET PENCAK ATLET PENCAK SILAT DI KOTA LANGSA. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah perbedaan pengaruh antara variasi latihan dan resistance band terhadap peningkatan teknik tendangan T atlet pencak silat usia remaja di kota Langsa. Metode penelitian ini menggunakan eksperimen dengan rencana penelitian pre-postest two grup design. Pengambilan sampel penelitian ini adalah atlet remaja pencak silat kota Langsa yang berjumlah 20 orang terdiri dari 9 orang atlet perempuan dan 11 orang atlet laki–laki, dengan teknik sampling yang digunakan adalah total sampling. Analisis data digunakan uji-t antar kelompok homogonitasnya. Hasil penelitian ini mendapat hasil pada variasi latihan sebesar t-hitung -5,653 dengan t-tabel 2,262 (a = 0,05)sedangkan nilai resisitance band sebesar -16,393 dengan t-tabel 2,262 (a= 0,05),  dengan nilai postest rerata variasi latihan sebesar 31% dan resistance band sebesar 35%. Kesimpulannya, terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara variasi latihan dan resistance band terhadap peningkatan teknik tendangan atlet pencak silat usia remaja di kota Langsa. Latihan resistance band lebih baik pengaruhnya terhadap  peningkatan kecepatan tendangan teknik T atlet pencak silat usia remaja dikota Langsa. Saran yang dapat peneliti berikan yaitu : dapat dijadikan implementasi  dalam menu latihan untuk meningkatkan tendangan “T” usia remaja kota Langsa.

Kata kunci : variasi latihan, resistance band, pencak silat, tendangan T

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Nuzul Dwi Gustiani
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Jasmani (2023)
Tanggal disimpan : 22-11-2023 19:02
Terakhir diubah : 05-01-2024 09:34
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5002
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!