KORELASI TINGKAT DAN INTENSITAS SERANGAN HAMA PBK (CONOPOMORPHA CRAMERELLA) TERHADAP PRODUKSI KAKAO DI KECAMATAN TENGGULUN KABUPATEN ACEH TAMIANG

SRI YUNITA RAHAYU (2023), KORELASI TINGKAT DAN INTENSITAS SERANGAN HAMA PBK (CONOPOMORPHA CRAMERELLA) TERHADAP PRODUKSI KAKAO DI KECAMATAN TENGGULUN KABUPATEN ACEH TAMIANG . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menetahui korelasi tingkat dan serangan hama PBK terhadap produksi kakao. Penelitian ini dilaksanakan pada tiga desa di Kecamatan Tenggulun Kabupaten Aceh Tamiang, yaitu: Desa Tenggulun, Simpang Kiri, dan Selamat. Lokasi penelitian ditentukan secara purposive, kebun lokasi penelitian yang dipilih memiliki tiga tingkat perawatan kebun yang berbeda yaitu: tidak dirawat, dirawat seadanya dan dirawat konvensional. Metode yang digunakan dalam metode ini adalah pendekatan analisis kiantitatif. Secara garis besar penelitian ini dilkukan ada 4 tahapan, yaitu: persiapan, survey, pendahuluan, pelaksanaan lapangan dan analisis data/pembahasan.Hasil analisis menunjukkan bahwa tingkat perawata kebun berpengaruh terhadap persentase dan tingkat serangan hama PBK. Persentase dan tingkat serangan hama PBK tertinggi dijumpai pada tingkat perawatan kebun yang tidak dirawat. Adapun yang terendah di jumpai pada tingkat perawatan kebun konvensional diikuti degan kebun yang dirawat seadannya. Hasil analisis regresi hubungan antara intensitas serangan hama PBK dengan kehilangan hasil kakao di dapatkan nilai intercept (a) = 1,42 dan nilai slop (b) = -9,45 sehiingga model regresi linearnya adalah Y = 1,42+ (-9,45) 75.

Kata kunci : Intensitas Serangan Hama PBK (Conopomorpha cramerella), Kakao

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : SRI YUNITA RAHAYU
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Agroteknologi (2023)
Tanggal disimpan : 22-11-2023 17:02
Terakhir diubah : 28-11-2023 11:05
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5000
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!