PENGARUH PEMBERIAN PUPUK KASCING DAN PEMOTONGAN UMBI TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI BAWANG MERAH (ALLIUM ASCALONICIUM L.)

Eniwati Harianja (2024), PENGARUH PEMBERIAN PUPUK KASCING DAN PEMOTONGAN UMBI TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI BAWANG MERAH (ALLIUM ASCALONICIUM L.) . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian pupuk kascing dan pemotongan umbi serta interaksi kedua perlakuan tersebut terhadap pertumbuhan dan produksi terhadap pertumbuhan dan produksi bawang merah (Allium ascalonicium L.)”. Penelitian telah dilaksanakan di Desa Sidorejo, Kecamatan Langsa Lama, Kota Langsa, pada bulan Oktober sampai Desember 2022. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) pola faktorial yang terdiri dari 2 faktor, yaitu faktor pemberian pupuk kascing (K) yang terdiri dari 4 taraf yaitu : K0 : Kontrol, K1 : 2 kg/plot, K2 : 4,1 kg/plot, K4 : 6,1 kg/plot. Adapun faktor pemotongan umbi (U) yang terdiri dari 3 taraf yaitu, U0 : Tanpa Pemotongan, U1 : Pemotongan 1/4, dan U2 : Pemotongan 1/3. Parameter yang diamati dalam penelitian ini antara lain: tinggi tanaman (cm) dan jumlah daun (helai) umur 15, 30 dan 45 HST, jumlah umbi per sampel (siung), berat umbi segar tanaman per sampel dan per plot (g), berat umbi kering tanaman per sampel dan per plot (g) pada saat umur 60 HST. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian pupuk kascing berpengaruh nyata terhadap parameter tinggi tanaman dan jumlah daun umur 15, 30 dan 45 HST, jumlah umbi per sampel, berat segar (per sampel dan per plot), berat kering (per sampel dan per plot). Hasil terbaik didapatkan pada perlakuan K3 (6,1 kg/plot). Adapun pemotongan umbi berpengaruh nyata terhadap parameter tinggi tanaman umur 30 dan 45 HST, jumlah daun umur 15, 30, dan 45 HST, jumlah umbi per sampel, berat segar (per sampel dan per plot), dan berat kering (per sampel dan per plot) umur 60 HST. Hasil terbaik didapatkan pada perlakuan pemotongan umbi U1 (pemotongan 1/4 bagian). Interaksi perlakuan pemberian pupuk kascing dan pemotongan umbi berpengaruh nyata terhadap parameter tinggi tanaman umur 15, 30, dan 45 HST dan jumlah daun umur 45 HST, jumlah umbi per sampel, berat segar (per sampel dan per plot), dan berat kering (per sampel dan per plot) umur 60 HST. Interaksi terbaik didapatkan pada kombinasi perlakuan K3U1 (pemberian pupuk kascing K3 (6,1 kg/plot) dan pemotongan umbi U1 (pemotongan 1/4 bagian).

Kata kunci : Pupuk Kascing, Pemotongan Umbi, Bawang Merah (Allium ascalonicium L.)

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Eniwati Harianja
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Agroteknologi (2024)
Tanggal disimpan : 21-11-2023 20:15
Terakhir diubah : 22-11-2023 16:10
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2024
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4977
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!