SURVEI MINAT BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI ANTARA SISWA JURUSAN IPA DENGAN SISWA JURUSAN IPS DI SMAN 3 KEJURUAN MUDA DI ACEH TAMIANG

Turia Ningsih (2023), SURVEI MINAT BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI ANTARA SISWA JURUSAN IPA DENGAN SISWA JURUSAN IPS DI SMAN 3 KEJURUAN MUDA DI ACEH TAMIANG . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini berfokus pada bagaimana hasil minat belajar pendidikan jasmani antara siswa pada jalur IPA dan IPS di SMA Negeri 3 Kejuruan Muda Aceh Tamiang. Tujuann dari penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi tentang minat belajar siswa jurusan IPA dan jurusan IPS terhadap pelajaran pendidikan jasmani di SMA Negeri 3 Kejuruan Muda. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif non eksperimen dengan jenis penelitian survei dan desain penelitiannya adalah komparatif. Populasi penelitian ini adalah siswa pada jalur IPA dan IPS di SMA Negeri 3 Kejuruan Muda dengan jumlah sebanyak 363 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling, dan besar sampel yang ditentukan adalah 54 siswa. Metode pengumpulan data meliputi angket,dan dokumentasi. Prosedur penelitian melibatkan menghubungi sekolah, melakukan uji coba instrumen di SMA SWASTA CUT NYAK DHIEN, membagikan kuesioner kepada siswa, dan menganalisis data yang dikumpulkan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah angket yang terdiri dari pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan minat siswa dalam belajar penjasorkes. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini ada uji validitas dan uji realibilitas. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan februari 2023 di SMAN 3 Kejuruan Muda. Hasil penelitian survei minat belajar pendidikan jasmani antara siswa jurusan IPA dan siswa jurusan IPS di SMAN 3 Kejuruan Muda di Aceh Tamiang Dari hasil penelitian bahwa jurusan IPA dan IPS keduanya mendapatkan kategori tinggi pada hasil survei dalam penelitian ini, Pada jurusan IPA didapat nilai rata-rata sebesar 75.5 yang dalam rata-rata persen yaitu 72,70% dan pada jurusan IPS memperoleh nilai 78,9 yang dalam rata-rata persen yaitu 73,02%, dari data tersebut minatb kelas IPA dan IPS di SMA Negeri 3 Kejuruan Muda tidak memiliki perbedaan yang signifikan.

Kata kunci : Minat, Belajar, Pendidikan Jasmani, Siswa

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Turia Ningsih
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Jasmani (2023)
Tanggal disimpan : 15-11-2023 16:26
Terakhir diubah : 01-12-2023 14:44
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4954
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!