APLIKASI PUPUK HAYATI PETROBIO PADA JARAK TANAM YANG BERBEDA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN KACANG PANJANG (VIGNA SINENSIS L.)

Asmaul Husna (2024), APLIKASI PUPUK HAYATI PETROBIO PADA JARAK TANAM YANG BERBEDA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN KACANG PANJANG (VIGNA SINENSIS L.) . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Aplikasi pupuk hayati petrobio pada jarak tanam yang berbeda terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman kacang panjang serta mengetahui interaksi antara keduanya. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Kota Lintang, Kecamatan Kota Kuala Simpang, Kabupaten Aceh Tamiang. Penelitian ini dimulai pada bulan November 2022 dan berakhir pada bulan Januari 2023.Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) pola faktorial yang terdiri dari 2 faktor, faktor pertama pemberian aplikasi pupuk hayati petrobio (P) yang terdiri dari 4 taraf, yaitu: P0 = kontrol / tanpa pupuk hayati petrobio, P1 = 40 kg/ha (4,32 gr / plot), P2 = 60 kg/ha (6,48 gr / plot), dan P3 = 80 kg / ha (8,64 kg / plot). Faktor kedua jarak tanam (J) yang terdiri dari 3 taraf, yaitu: J1 = 30 x 40 cm, J2 = 30 x 50 cm, dan J3 = 30 x 60 cm.Parameter yang diamati yaitu tinggi tanaman (cm), rata-rata panjang buah (cm), rata-rata jumlah buah per sampel (buah), rata-rata produksi buah per sampel (gr), rata-rata jumlah buah per plot (buah), dan rata-rata produksi buah per plot (kg).Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian aplikasi pupuk hayati petrobio berpengaruh sangat nyata terhadap tinggi tanaman umur 21 HST, berpengaruh nyata pada tinggi tanaman umur 7 HST dan produksi buah per plot. Hasil yang terbaik diperoleh pada perlakuan P2 (60 kg / ha).Hasil penelitian menunjukkan bahwa jarak tanam berpengaruh nyata terhadap tinggi tanaman 21 HST dan panjang buah. Hasil terbaik diperoleh pada perlakuan J3 (30 x 60 cm).Interaksi antara perlakuan aplikasi pupuk hayati petrobio dan jarak tanam memberikan pengaruh nyata terhadap parameter tinggi tanaman umur 21 HST, sedangkan parameter lainnya berpengaruh tidak nyata. Interaksi terbaik diperoleh pada kombinasi perlakuan aplikasi pupuk hayati petrobio 60 kg/ha dan jarak tanam 30 x 60 cm (P2J3).Sesuai dengan hasil penelitian ini untuk mendapatkan pertumbuhan dan hasil pada tanaman kacang panjang yang optimal disarankan untuk menggunakan kombinasi perlakuan pupuk hayati petrobio dengan dosis 60 kg/ha dan jarak tanam 30 x 60 cm.

Kata kunci : Pupuk Hayati Petrobio, Jarak Tanam yang Berbeda

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Asmaul Husna
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Agroteknologi (2024)
Tanggal disimpan : 15-11-2023 11:30
Terakhir diubah : 22-11-2023 10:14
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2024
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4953
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!