PENGARUH INFLASI, RETURN ON ASSET (ROA), DAN RETURN ON EQUITY (ROE), TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI SAHAM PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI INDEKS INFOBANK15

Muis Akbar (2024), PENGARUH INFLASI, RETURN ON ASSET (ROA), DAN RETURN ON EQUITY (ROE), TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI SAHAM PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI INDEKS INFOBANK15 . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Inflasi, Return On Asset (ROA), Dan Return On Equity (ROE), Terhadap Keputusan Investasi Saham Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Indeks Infobank15. Penelitian ini menggunakan data sekunder dengan runtun waktu 2012-2021. Penelitian ini menggunakan 10 perusahaan yang terdaftar di indeks Infobank15 tahun 2022 sebagai sampel penelitian. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Porposive sampling. Dalam menganalisa data dan menguji hipotesis penelitian, teknik terbaik yang digunakan adalah regresi data panel dengan model Common effect.


Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial, Inflasi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap keputusan investasi saham, Return On Asset (ROA) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan investasi saham, dan Return On Equity (ROE) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap keputusan investasi saham pada perusahaan yang terdaftar di indeks Infobank15. Secara simultan variabel independen yaitu Inflasi, ROA, dan ROE berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen yaitu keputusan investasi saham pada perusahaan yang terdaftar di indeks infobank15. Dengan nilai koefisien determinasi (R2) dalam penelitian ini sebesar 0,133046 atau 13,30% sedangkan sisanya 86,70% dapat dijelaskan oleh variabel lain diluar penelitian ini.


 

Kata kunci : Inflasi, Return On Asset (ROA), Return On Equity (ROE), Keputusan investasi.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Muis Akbar
Fakultas : Fakultas Ekonomi
Program.Studi : Ekonomi Pembangunan (2024)
Tanggal disimpan : 15-11-2023 09:52
Terakhir diubah : 15-11-2023 15:41
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2024
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4952
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!