PEMANFAATAN SITUS BANGUNAN BERSEJARAH DI ACEH TAMIANG SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA SMA

Wiwin handayani (2024), PEMANFAATAN SITUS BANGUNAN BERSEJARAH DI ACEH TAMIANG SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA SMA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Tamiang berasal dari kata “Te-Miyang” yang berarti tidak terkena gatal atau kebal dari gatal miang bambu. Hal ini berhubungan dengan cerita Sejarah tentang Raja Tamiang yang bernama Pucook Sulooh. Pemanfaatan situs sejarah sebagai sumber belajar bagi siswa merupakan salah satu alternatif dalam proses belajar siswa sekaligus memberikan pengalaman belajar yang lebih efektif nyata lagi. Dalam hal ini pemanfaatan situs bersejarah sebagai sumber belajar siswa dengan memanfaatkan situs bersejarah yang ada wilayah Tamiang.Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana sejarah dari bangunan bersejarah di Aceh
Tamiang dan Bagaimana pemanfaatan situs sejarah sebagai sumber belajar siswa SMA. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Field Reserch yaitu dengan cara mengumpulkan data dilapangan. Peneliti mencari sumber yang bersangkutan melalui dinas pendidikan, kabid.kebudayaan Aceh Tamiang, Guru sejarah SMA di Aceh Tamiang, murid SMA , dan tokoh masyarakat.kemudian peneliti mengkritik sumber lalu menginterpretasikannya sehingga tahapan selanjutnya yaitu mengumpulkan data hasil di lapangan. Adapun hasil dari penelitian ini adalah pada latar belakang pemanfaatan situs sejarah sebagai sumber belajar siswa SMA di Aceh Tamiang, pemanfataan situs sejaraj sebagai sumber belajar dapat membantu pengetahuan siswa lebih dalam tentang apa saja peninggalan-peninggalan sejarah di Aceh Tamiang. Saran dari peneliti, peneliti mengharapkan agar mahasiswa pendidikan sejarah selalu menulis dan rajin dalam membaca sejarah serta kepada lembaga yang bersangkutan agar menambahkan koleksi peninggalan sejarah.

Kata kunci : Situs Sejarah, Sumber Belajar, Aceh Tamiang

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Wiwin handayani
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Sejarah (2024)
Tanggal disimpan : 10-11-2023 10:47
Terakhir diubah : 20-02-2024 10:30
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2024
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4934
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!